Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Headline ›› FT Universitas Negeri Medan Sukses Gelar Konferensi Internasional ACEIVE

FT Universitas Negeri Medan Sukses Gelar Konferensi Internasional ACEIVE

Medan | suarasumut.com  –  Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan sukses menyelenggarakan kegiatan “The 1st Annual Conference of Engineering, ICT and Vocational Education” dengan mengangkat tema “Empowering ACEIVE in 21st Century Learning Environment”. yang digelar di Hotel Grand Mercure Angkasa Medan, Sabtu (25/11).

Acara dibuka oleh Wakil Rektor I Unimed Prof. Dr. Abd. Hamid, K, M.Pd didampingi WR 2 Dr. Restu, M.S., WR 3 Prof. Dr. Sahat Siagian, M.Pd., Direktur Pascasarjana Prof. Dr. Bornok Sinaga, M.Pd., Dekanat dilingkungan Unimed serta pimpinan lainnya.

Rektor melalui WR-1 memberikan perhatian penuh terhadap kegiatan ini, sebab memang sudah semestinya universitas melakukan berbagai perubahan untuk mendukung pencapaian optimal dalam upaya peningkatan taraf hidup masyarakat melalui lulusan yang berkualitas. “Unimed hadir sebagai salah satu perguruan tinggi yang respek dan konsern dengan karakter bangsa yang akan membawa negeri ini menjadi lebih maju dan sejahtera,” ucap Hamid.

Tampil sebagai pembicara utama adalah Assc.Prof. Dr. Mona Masood dari PTPM-USM Malaysia, Dr. Susan Ledger dari Murdoch University Australia dan Dr. Maher Yahya Sallom dari University of Bagdad, Iraq.

Ketiganya membahas tentang inovasi teknologi khususnya ICT dan implementasinya dalam bidang pendidikan sebagai multimedia learning, system learning dan control industry dengan mechatronic sebagai fokusnya. Mona Massod membahas penerapan multimedia learning untuk peningkatan kompetensi lulusan. Kajian ini juga sudah mengarah kepada revolusi industry dengan menyiapkan SDM berkualitas yang dihasilkan universitas.

Sementara, Susan Murdoch dari Murdoch University mempresentasikan kajian yang menarik. Dia tidak mengembangkan Multimedia in Teaching Learning, tetapi Multimedia as Learning Process. Animasi manusia yang diprogram mampu berkomunikasi dengan kita secara realtime, mampu menjawab pertanyaan yang kita ajukan dan mampu pula mengoreksi kesalahan kita tentang suatu kajian keilmuan. System ini digunakan untuk melatih guru dan calon guru dalam menyelenggarakan proses pembelajaran. Komunikasi dilakukan menggunakan teknologi ICT seperti Skype atau program online system lain berbasis internet dan bernuansa teleconference.

Pembicara lainnya ialah Maher Yahya Syallom, fokus pada kajian mechatronic yang juga mendukung revolusi industry dari sisi teknologi. Dicontohkan dalam video real, pekerjaan sistem parkir mobil dalam gedung vertikal dikerjakan secara robotick, mobilitas produksi di pabrik menggunakan system control automatic dan juga system drone. Semua bidang tersebut dikerjakan secara sistem melalui program control.

Muncul respon menarik dari audiensi Janter Simanjuntak, Ph.D yang mempertanyakan revolusi industri, sebab jika ini diperlakukan di Indonesia maka akan terjadi PHK besar-besaran dan menambah jumlah pengangguran. Namun ketiga keynote speakers kompak tampil bertiga secara kolaboratif menjawabnya. Saat ini harus dilakukan penyiapan kualitas SDM melalui peningkatan mutu pendidikan berbasis multimedia dan terapan teknologi untuk revolusi industri. Kata kunci yang dirumuskan ialah tiada lain kecuali peningkatan kualitas SDM, suka atau tidak tetapi harus dilakukan jika kita tidak ingin tergilas dan menjadi korban kemajuan jaman.

Kegiatan ACEIVE-2017 ini diikuti oleh peserta yang sebahagian besar dari luar. Drs. Sriadhi, ST., M.Pd., M.Kom., Ph.D sebagai Ketua Panitia menyampaikan bahwa ACEIVE diikuti oleh 92 author dari Unimed dan beberapa perguruan tinggi di Medan, Sumatera Barat, Riau, Jawa Tengah, Jawa Timur, Manado dan juga presenter dari Taiwan. Paper terseleksi akan dipublikasi di jurnal internasional bereputasi (Scopus/Thomson) dan selebihnya akan dipublikasi di International Proceeding ACEIVE-2017 yang dapat diakses secara online.

“Tahun 2018 nanti, Fakutas Teknik Unimed akan menyelenggarakan dua kegiatan internasional serupa yaitu untuk bidang engineering dan bidang education yang akan diindeks oleh Scopus dan Thomson,”tutup Sriadhi.(js/ss-md)

Lihat Juga

Pejabat Tinggi Pratama Pemkab Karo Laksanakan Diklat Revolusi Mental

Karo | suarasumut.com  –  Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH secara resmi membuka Pendidikan dan Pelatihan ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *