Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Bisnis & Ekonomi ›› Fasilitasi Pembentukan Dan Penyuluhan Desa Prima, Soekirman : Manfaatkan Semua Potensi Untuk Penanggulangan Kemiskinan dan Peningkatan Ekonomi

Fasilitasi Pembentukan Dan Penyuluhan Desa Prima, Soekirman : Manfaatkan Semua Potensi Untuk Penanggulangan Kemiskinan dan Peningkatan Ekonomi

Sergai, suarasumut.com – Model desa Perempuan Indonesia Maju Mandiri (Prima) adalah sebuah Desa percontohan yang bertujuan untuk menanggulangi kemiskinan sekaligus meningkatkan ekonomi perempuan dengan memanfaatkan semua potensi yang ada dan melibatkan segenap peran lintas sektoral terkait sesuai dengan program sektornya masing-masing.

Demikian disampaikan Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman ketika membuka secara resmi kegiatan Sosialisai Fasilitasi Pembentukan dan Penyuluhan Desa Prima yang dilaksanakan di Aula Kantor Desa Pegajahan Kecamatan Pegajahan, Selasa (24/2).

Hadir pada acara tersebut Ketua TP.PKK Ny. Hj. Marliah Soekirman, Ketua DWP Ny. Hj. Imas Haris Fadillah, narasumber dari Biro PPAKB Provsu Emmy Suryana Lubis, SH, MA, para kepala SKPD, dan Camat Pegajahan Drs. Zulfikar serta ratusan masyarakat Kecamatan Pegajahan.

Dijelaskan Bupati Soekirman sesuai dengan Keputusan Bupati Sergai Nomor 90/476/ Tahun 2015 tentang Penetapan Desa Prima di Kabupaten Sergai Tahun 2015, maka Desa Pegajahan terpilih sebagai Desa Prima karena memiliki potensi hasil alam dan sumber daya manusia yang cukup serta merupakan salah satu desa Posyandu Holistik yang perlu dibina secara terpadu.

Bupati Soekirman berharap kepada para SKPD terkait yang mempunyai program penanggulangan kemiskinan untuk bersama-sama memusatkan kegiatannya di Desa Pegajahan ini agar secara perlahan melalui Desa Prima ini menunjukkan perekonomian yang semakin meningkat, sehingga pada gilirannya akan menurunkan tingkat kemiskinan dan menjadi suatu desa andalan di Kabupaten Sergai ini, pungkas Soekirman.

Untuk itu Bupati Soekirman mengajak semua masyarakat maupun Stakeholder untuk menyambut baik dan mendukung pembentukan model Desa Prima ini sehingga kedepannya apabila terjadi masalah yang dihadapai masyarakat terutama kaum perempuan dewasa dapat teratasi, pungkas Bupati Soekirman.

Sebelumnya Kepala Badan PPAKB Hj. Irwani Jamilah dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakannya kegiatan fasilitasi pembentukan desa prima ini adalah upaya untuk penanggulangan kemiskinan secara terpadu melalui peningkatan produktivitas ekonomi perempuan dan untuk mengetahui Sumber Daya Manusia (SDM) dan Sumber Daya Alam (SDA) yang ada di Kecamatan agar program dan kegiatan sejalan dengan potensi alam yang ada di desa tersebut, serta meningkatkan akses kelompok perempuan terhadap informasi, teknologi tepat guna dan berbagai sumber pembiayaan serta mewujudkan keadilan dan kesetaraan gender melalui peningkatan produktivitas ekonomi perempuan.

Acara dirangkaikan dengan penyerahan peralatan pengolahan untuk pembuatan keripik aneka rasa dan kerajinan tangan bunga kertas berbahan dasar kulit jagung oleh Bupati Soekirman kepada kelompok yang mengikuti pelatihan tersebut.(pu/ss/sbg)

Kata kunci terkait:
desa prima

Lihat Juga

Sosialisasi Seleksi, Pembinaan Calon Anggota Polri, Polres Tapteng MoU Dengan Pemkab

Tapteng | suarasumut.com –  Melahirkan serta meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) bagi generasi muda Tapanuli ...