Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Foto & Video ›› Faktor Alam, Drainase Jalan Sibolga Barus Ambruk
Jpeg

Faktor Alam, Drainase Jalan Sibolga Barus Ambruk

Tapteng | suarasumut.com  –  Pekerjaan drainase/parit Satuan Kerja Jalan Nasional II Balai Besar Jalan Nasional II di jalan Sibolga Barus diberbagai segmen pada letak bangunan banyak dikeluhkan pihak rekanan. Dikatakan, robohnya bangunan itu diakibatkan dari lahan gambut serta faktor cuaca ekstrim yang cukup tinggi.

Hal itu disampaikan salah satu pihak rekanan drainase, Matondang, terhadap wartawan, Kamis (19/10/2017) di pinggiran jalan lintas Sibolga Barus.

Dikatakan Matondang, roboh dan rusaknya bangunan parit yang sedang dikerjakan itu dinilai akibat letak bangunan berada pada lahan gambut pinggiran pantai.

“Memang ada beberapa titik yang diperbaiki kembali. Ini diakibatkan letak bangunan yang kami kerjakan itu berada pada lahan gambut, ditambah lagi desakan tanah bubur (lumpur),” kata pihak rekanan Matondang, disalah satu lokasi pekerjaan yang sedang diperbaiki ulang di sekitar jalan Sibolga Barus kilometer 6,9, Kecamatan Tapian Nauli.

Tidak hanya itu sambung Matondang, ambruk bangunan itu juga diakibatkan faktor alam pada curah hujan yang cukup tinggi dan getaran mobil besar pada lahan pinggiran fisik drainase.

“Sekarang desainnya sudah kita rombak. Intinya begini, yang kita timbun itu tetap tanahnya menjadi tanah bubur/lumpur ditambah lagi dengan dorongan hujan deras,” jelasnya.

Rusaknya bangunan itu, pihak rekanan tetap bertanggungjawab berdasarkan masa pelaksanaan yang ditentukan.

“Ya, pekerjaan itu kan masih dalam tanggung jawab kami. Tentu akan kami perbaiki kembali, bahkan sampai dengan selesai pada perawatan,”ungkap pihak rekanan ini.

Ditanya tentang teknis bangunan serta campuran material dan kwalitas bangunan, diakuinya telah mengikuti spek konstruksi dan konsultan gambar.

“Lantainya itu bodem, berupa melengkung, atau istilah umumya riol separoh namanya itu. Batu yang kita gunakan batu keras dan kokoh,” terang pria tambun ini.

Sebelumnya, saat disambangi wartawan Selasa kemarin (19/10/2017) pihak pengawasan Satuan Kerja Jalan Nasional II Balai Besar Jalan Nasional II di jalan Sibolga Barus menilai bahwa pekerjaan drainase yang dikerjakan rekanan tetap ditanggung jawab i, serta diakui kelayakan bangunannya.

“Pengawasan tetap ditindak lanjuti dan tetap kami dikontrol. Kami pantau memang material yang digunakannya keras dan memenuhi syarat yang dikerjakan. Pasirnya bersih, berdasarkan kondisi lapangan yang kami lihat,” terang H Naibaho ST salah satu pihak Satker Jalan Nasional II Balai Besar Jalan Nasional II di jalan Sibolga Barus.(pahotan hutagalung/ss-tt)

Lihat Juga

Terkait Mau Tampar Anggota, Kadis Pendidikan Akan Nasehati Oknum KUPT Ransel

Rantauprapat | suarasumut.com  –  Terkait ocehan Oknum Kepala Unit Pelaksana Tehnik (KUPT) Dinas Pendidikan,Kecamatan Rantau ...