Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Foto & Video ›› Dukung Program Bio Energy, Wakil Bupati Nias Sapi Kepada Warga

Dukung Program Bio Energy, Wakil Bupati Nias Sapi Kepada Warga

Nias | suarasumut.com — Untuk menunjang program Bio Energi terpadu, Wakil Bupati Nias Arosokhi Waruwu, SH, MH menyerahkan bantuan empat ekor Sapi kepada warga. Bantuan Sapi tersebut diserahkan secara simbolis di Desa Saewahili Hili,adulo, Kecamatan Idanogawo, Kabupaten Nias minggu lalu.

Pada acara penyerahan bantuan, Wakil Bupati Nias Arosokhi Waruwu, SH, MH mewakili Bupati Nias mengimbau supaya seluruh penerima manfaat yang terdiri dari 14 kelompok benar-benar merawat dan memlihara ternak sapi yang diberikan.

Penerima manfaat diminta untuk menjaga dengan baik, menyediakan pakan ternak dan mengembangbiakkan ternak tersebut, serta secara terpadu kotoran ternak dikumpulkan dan dimanfaatkan untuk dijadikan Bio Gas atau sumber energy terbarukan.

Kepada dinas terkait, khususnya Dinas Pertanian Kabupaten Nias, Wakil Bupati Nias meminta untuk melakukan pembinaan, pengawasan dan pemeriksaan kesehatan ternak sapi secara berkala, serta pemberian suplemen dan obat-obatan.

Sedangkan kepada Dinas Perindag ESDM Kabupaten Nias, dia berharap untuk dapat mendorong pemanfaatan dan pengembangan Bio Energi kepada masyarakat dan Kepada BPMDK Kabupaten Nias. Juga diharapkan untuk memberdayakan kelompok penerima manfaat ternak sapi dengan membentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) yang dapat dianggarkan dalam APBDES.

Sebelumnya, kepala BPMDK Kabupaten Nias telah melaporkan bahwa tersbeut merupakan program Pengembangan Kawasan pedesaan yang sumber dananya berasal dari DIPA Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi TA. 2015 sebesar Rp. 1.419.503.992.

Tujuannya untuk mewujudkan kemandirian kemandirian energy dan ketahanan energy bagi kelompok, khususnya di desa-desa dan merupakan bagian utk menterjemahkan NAWA CITA Kabinet Kerja, khususnya dalam kerangka membangun mulai dari pinggiran yaitu khususnya desa-desa yang ada dipenjuru Indonesia.

Program ini tersbeut dialokasikan di dua kecamatan, yaitu Kecamatan Gido dan Kecamatan Idanogawo. Desa penerima manfaat adalah Desa Sirete, Lolozasai dan Soewe di Kecamatan Gido, dan Desa Maliwa’a, Saiwahili Hiliadulo dan Desa Tiga Serangkai, Kecamatan Idanogawo.

Jumlah penerima manfaat sebanyak 14 Kelompok, dengan masing-masing 7 kelompok di Kecamatan Idanogawo dan 7 kelompok di Kecamatan Gido.(sw/ss/ni)

Lihat Juga

MUI Dan Polisi Berperan Sebagai Pemersatu Bangsa

Padangsidimpuan | suarasumut.com – Peran serta ulama dan instansi kepolisian menjadi modal utama untuk menyatukan ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.