Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Headline ›› DUGAAN MONEY POLITIC YANG DILAKUKAN CALEG DARI DEMOKRAT LIBATKAN PNS

DUGAAN MONEY POLITIC YANG DILAKUKAN CALEG DARI DEMOKRAT LIBATKAN PNS

Bilah Hilir, suarasumut.com – Dugaan pelanggaran money politic yang dilakukan oknum caleg di dapil 4 ( Bilah Hilir- Panai Hulu ) bernomor urut 4 dari Parpol Demokrat di Labuhanbatu ini disinyalir melibatkan oknum Pegawai Negeri Sipil ( PNS ) .

Pasalnya, menurut informasi yang berhasil dihimpun dari beberapa sumber menerangkan kalau salah seorang oknum guru Sekolah Dasar ( PNS ) di salah satu Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Panai Hulu ikut andil dalam membagi-bagikan uang kepada beberapa warga Desa Selat Besar untuk pemenangan salah satu kandidat sebelum Pemilu lalu.

Akibatnya, oknum guru yang berstatus PNS tersebut terancam hukuman disiplin, sesuai yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah ( PP ) Nomor 53 tahun 2010 tentang disiplin PNS, artinya Jika ada PNS yang terbukti melakukan pelanggaran akan diberi sanksi tegas bahkan bisa saja sampai dipecat.

Hal ini disampaikan H.Safruddin Tanjung pakar Politisi yang akrab disapa Bang Ucok kepada suarasumut.com 22/04 di Ajamu, ia nya juga menambahkan tidak sedikit PNS yang belum memahami aturan itu sehingga terjebak dalam situasi politik praktis yang menjeratnya hingga dikenakan sanksi hukuman disiplin.

Ia menilai sanksi tegas yang dijatuhkan kepada PNS yang terbukti terlibat berpolitik ini sebagai pembelajaran untuk memberi efek jera dan penegasan mutlak bahwa PNS tidak boleh terlibat aktif berpolitik sebagaimana yang diatur dalam PP Nomor 53 tahun 2010.

Sebab menurutnya, netralitas Pegawai Negeri Sipil (PNS) mutlak dibutuhkan dalam proses politik seperti pemilihan kepala daerah ( Pilkada ) maupun Pemilihan Umum ( Pemilu ) karena pegawai negeri sebagai pelayan publik harus betul-betul berdiri secara independen tanpa memihak. Namun kadang kala ada segelintir PNS baik secara sengaja maupun tidak sengaja terbawa arus dalam dunia politik, ungkapnya mengakhiri. ( ta/ss/ra/bh )

Lihat Juga

Potensi Pasar Kentang Goreng Indonesia, Belgia Lirik Indonesia Sebagai Pasar Ekspor Utama Di Asia Tenggara

Jakarta | suarasumut.com – Industri makanan dan minuman di Indonesia tumbuh positif di sepanjang tahun ...