Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Headline ›› Dua Hari Hilang, Nelayan Sawo Ditemukan Di Lahewa

Dua Hari Hilang, Nelayan Sawo Ditemukan Di Lahewa

Nias Utara, suarasumut.com — Setelah dua hari hilang, Ahmad Yakub Gea (47), nelayan asal Desa Sawo, Kecamatan Tuhemberua, Kabupaten Nias Utara ditemukan nelayan kapal jaring di sekitar peraiaran Kecamatan Lahewa dan Kecamatan Afulu, Senin (21/9) sekitar pukul 04.00 wib.

Ahmad Yakub Gea sebelumnya dinyatakan hilang bersama perahunya, Sabtu (19/9), sehingga Basarnas bersama Polair melakukan pencarian terhadap Ahmad Yakub Gea.

Personil PolAir Polres Nias Ade Asfihandi Saragih yang dihubungi wartawan melalui pesan singkat, Senin (21/9), membenarkan hal tersebut, dan memberitahu jika korban Ahmad yakub Gea dinyatakan hilang sejak hari Sabtu (19/9) telah ditemukan dalam selamat di peraiaran sekitar Kecamatan Lahewa dan Kecamatan Afulu, Senin (21/9) pukul 04.00 wib.

Menurut Ade, sebelumnya pencarian terhadap Ahmad Yakub dilakukan oleh personil Basarnas Nias dan PolAir Polres Nias.

Dari informasi yang dihimpun wartawan kepada warga, diketahui jika dari penuturan Ahmad kepada warga, diketahui jika Ahmad Yakub Gea yang sehari hari bekerja sebagai nelayan, bersama rekannya yang membawa perahu sendiri turun ke laut untuk memancing.

Karena asap sangat tebal, Ahmad kemudian menyuruh rekannya kembali duluan ke darat dan dia akan menyusul. Namun, karena kabut kian tebal, Ahmad kemudian memacu kapalnya yang menggunakan mesin stempel kembali ke darat. Karena asap semakin tebal, dia tidak tahu arah dan terus mengebut perahunya, sehingga kehabisan minyak. Dia kemudian istirahat dan tertidur, sehingga kayuh yang ada di atas kapalnya terjatuh ke laut.

Akibat tidak ada kayuh dan minyak habis, Ahmad hanya pasrah dan terombang ambing di laut, sehingga ditemukan nelayan kapal jaring di peraiaran Kecamatan Lahewa. Sebelum ditolong, Ahmad disangka nelayan kapal jaring mau mencuri ikan.

Ahmad terus memegang pelampung jaring dibentak, dan ketika didekati, baru diketahui jika Ahmad sudah lemah dan butuh pertolongan. Ahmad kemudian ditolong nelayan kapal jaring dan dibawa ke Kecamatan Lahewa untuk mendapat pertolongan.(ih/ss/nu)

Kata kunci terkait:
kapal tenggelam di kabupaten lahewa

Lihat Juga

Tidak Semua Program Dan Kegiatan Yang Telah Ditetapkan Dapat Dilakukan Oleh Pemerintah Sendiri

Rantauprapat | suarasumut.com  –  Pemerintah menyadari bahwa tidak semua program dan kegiatan yang telah ditetapkan ...