Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Foto & Video ›› Dra Eli Suhaeriyah MSi, Pemerintah Provinsi Sumut Siap Terapkan Informasi Digital

Dra Eli Suhaeriyah MSi, Pemerintah Provinsi Sumut Siap Terapkan Informasi Digital

Medan | suarasumut.com  –  Asosiasi Pendidikan Tinggi Informatika dan Komputer (APTIKOM) Wilayah I SUMUT & ACEH mengadakan Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) VI, di Hotel Grand Kanaya Medan, Jumat (5/8/16).

Acara Rakorwil ini dirangkai dengan diskusi panel dari Dinas Kominfo Prov Sumut dan Kota sebagai pembicara Dra Eli Suhaeriyah, MSi dengan topik “Strategi Peningkatan Pelayanan Sistem Terpadu Pemerintah Provinsi Sumatera Utara” dan Bapak Drs. Harunsyah M.Si, Kabid Data dan Informasi Dinas Kominfo Kota Medan dengan topik “Medan Smart City Sebagai Idaman Membingkai Medan Rumah Kita”.

“Eli mengatakan, salah satu tujuan pemerintah kita adalah menciptakan pemerintah yang bersih dan baik, salah satu caranya adalah dengan keterbukaan informasi yang dapat diakses dan dilihat oleh masyarakat,” pungkasnya.

Seperti yang telah diamanatkan dalam UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik dan didukung dengan peraturan Gubsu nomor 48 tahun 2012 tentang Pengelolaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di lingkungan Pemerintahan Provinsi Sumatera Utara.

“Untuk mewujudkan digitalisasi pemerintah diharapkan diakhir tahun 2019 pemerintah sudah siap, kendati belum seluruhnya bisa didigitalkan,” ujarnya

“Sementara, Drs. Harunsyah M.Si, menjelaskan dengan smart city dapat membantu masyarakat mengelola sumber daya yang ada dengan efisien dan memberikan informasi yang tepat kepada masyarakat dalam melakukan kegiatannya dalam mengantisipasi kejadian yang tidak terduga,” kata Kabid Data dan Informasi Dinas Kominfo Kota Medan .

Dr Pahala Sirait MKom dalam sesi pertanyaan memberikan masukan ke pemerintah Sumatera Utara dan Kota tentang pemanfaatan citra satelit untuk pemetaaan wilayah.

“Dia mengatakan bahwa pemanfaatan pemetaan wilayah bisa meliputi jalan, sungai, pemukiman, perkebunan dan bangunan,” imbuhnya.

Sesi diskusi panel ini dipandu oleh Prof Dr M. Zarlis dan menyimpulkan, semoga kita jangan hanya berencana saja tapi kita harus bisa menerapkannya dan melakukannya serta mencari benang merah bagaimana pemanfaatan TI ini dapat digunakan secara maksimal di kota Medan.

Rapat koordinasi wilayah tersebut dimulai pada pukul 14.00 dengan menyanyikan Mars Aptikom, dilanjutkan dengan sambutan Ketua Panitia Ummul Khair, Ketua STT Harapan Medan, Ir M. Zulfin MT selaku tuan rumah, dan sambutan sekaligus pembukaan Rakorwil oleh Ketua APTIKOM wilayah I Sumut dan Aceh, Prof Dr Opim Sitompul dan acara selesai pada pukul 22.00 wib. (js/ss-md)

Lihat Juga

Perppu Ormas Harus Dilihat Dari Prinsip Bernegara

Jakarta | suarasumut.com  –  Fraksi Partai NasDem menyatakan setuju Perppu Ormas disahkan menjadi undang-undang. “RUU ...