Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Hukum & Kriminal ›› DPT LABUHANBATU DI GANDAKAN, NIK DAN KK DIDUGA DIPALSUKAN

DPT LABUHANBATU DI GANDAKAN, NIK DAN KK DIDUGA DIPALSUKAN

Labuhanbatu, suarasumut.com – Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kabupaten Labuhan Batu dibeberapa tempat pemungutan suara(TPS) ditemukan ada yang sama. Juga antar Kelurahan ditemukan DPT yang sama beserta nomor induk KTP dan nomor Kartu Keluarga tidak ada yang berbeda terhadap orang yang sama, diduga dipalsukan untuk menambah suara dalam Pencoblosan Pemilu pada tanggal 9 April.

Keterangan Andi Khoirul selaku Aktivis dari Aliansi Penyelamatan Indonesia (API) kepada suarasumut.com menuturkan ketika dikonfirmasi salah satu anggota panitia pemilihan Kecamatan (PPK) Rantau Selatan terkait DPT, beliau mengatakan DPT datangnya dari KPU langsung ke Kelurahan dan ketika ditanya mengenai adanya temuan DPT ganda. PPK Kecamatan hanya menyampaikan data yang disampaikan Kelurahan ke KPU dan terkait pemutakhiran data itu adalah KPU.

Sewaktu dikonfirmasi Ketua KPU Labuhan Batu melalui Kasubbag program dan anggaran terkait hal tersebut beliau menjelaskan data DPT yang dikirimkan dari bawah ke KPU itu langsung disimpan, dicetak dan di distribusikan ke bawah. Ketika ditanya soal data DPT, itu adalah wewenang Ketua KPU.

Menindaklanjuti informasi tersebut TIM API konfirmasi dengan salah seorang anggota Panwaslu . Di ruang kerjanya anggota panwaslu mengatakan akan mengambil tindakan apabila ada hak suara yang digunakan lebih dari satu kali. Tentang kemungkinan hak suara digunakan lebih dari satu suara apakah kesalahan tersebut semata-mata kesalahan masyarakat. Karena kalaulah masyarakat yang melalukan hal tersebut apa mungkin masyarakat dapat memasukkan datanya kedata yang dikeluarkan oleh KPU terhadap DPT ganda. Siapa yang dirugikan dan siapa yang diuntungkan tentunya Negara yang akan mengeluarkan biaya tambahan.

Andi meminta DPT yang ada saat ini dapat diperbaiki untuk digunakan pada pemilihan Presiden, yang mana beberapa bulan ke depan akan dilaksanakan dan Andi meminta kepada pihak yang berwenang apabila ditemukan pelanggaran kiranya dapat diambil tindakan sesuai dengan hukum yang berlaku di Indonesia.( da/ss/ak )

Lihat Juga

Tidak Semua Program Dan Kegiatan Yang Telah Ditetapkan Dapat Dilakukan Oleh Pemerintah Sendiri

Rantauprapat | suarasumut.com  –  Pemerintah menyadari bahwa tidak semua program dan kegiatan yang telah ditetapkan ...