Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Bisnis & Ekonomi ›› DPRD KOTA GUNUNGSITOLI BENTUK PANSUS TERKAIT PEMADAMAN LISTRIK

DPRD KOTA GUNUNGSITOLI BENTUK PANSUS TERKAIT PEMADAMAN LISTRIK

GUNUNGSITOLI, suarasumut.com — Akibat pemadaman listrik yang kerap terjadi di Kota Gunungsitoli dan sekitarnya, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Gunungsitoli merekomendasikan pembentukan pansus. Pembentukan Pansus bertujuan untuk melakukan penyelidikan terhadap penyebab pemadaman listrik yang berkepanjangan dan tidak beraturan oleh PT.PLN Area Nias.

Usul dan rekomendasi pembentukan pansus disimpulkan pada Rapat Dengar Pendapat Umum DPRD Kota Gunungsitoli, Masyarakat dengan Manager PT.PLN Area Nias Didik di kantor DPRD Kota Gunungsitoli, Jalan Gomo, kelurahan pasar, Kota Gunungsitoli, Rabu ( 16/04 ).

Pada RDPU yang berlangsung alot, Manager PT.PLN Area Nias tidak dapat memberikan kepastian kepada seluruh masyarakat dan DPRD kapan waktu batas perbaikan kerusakan dan kapan tidak ada lagi pemadaman yang tidak beraturan serta berkepanjangan di Pulau Nias khususnya Kota Gunungsitoli.

Bahkan Manager PT.PLN Area Nias berkilah jika penyebab pemadaman listrik adalah akibat benang layang layang dan layang layang yang dimainkan warga mengenai jaringan.

Sehingga dia mengimbau masyarakat supaya tidak bermain layangan di daerah yang ada jaringan listrik, karena akibat gesekan benang layangan pada jaringan, menyebabkan pembungkus jaringan terkelupas dan menyebabkan gangguan jaringan yang berakibat pada pemadaman listrik.

Penyebab lainnya adalah defisit energi listrik di kedua pembangkit yang ada di Kota Gunungsitoli, yakni pembangkit di PLTD Moawo dan pembangkit sewa PLTD Idanoi, dimana menurut manager PT PLN Area Nias pasokan listrik dari PLTD Moawo saat ini ada sebesar 2,2 mw dan dari PLTD Sewa idanoi ada 15 mw, sehingga daya dari kedua PLTD tersebut tidak mencukupi jika terjadi beban puncak di wilayah Kota Gunungsitoli, Nias, Nias Utara dan Nias Barat kecuali Nias Selatan yang mencapai 18,5 mw, sehingga terjadi pemadaman.

Mengatasi kekurangan daya, PT.PLN Area Nias saat ini sudah mengajukan kepada PLN Wilayah dan sedang proses tender, dan membutuhkan waktu hingga bulan September mengatasi kekurangan daya tersebut.
Akibat tidak adanya kepastian dan ketegasan dari manager PT.PLN Area Nias, pada rapat RDPU yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Hadirat ST Gea di lahirkan sebuah Rekomendasi untuk pembentukan Pansus Penyelidikan terhadap pemadaman yang dilakukan oleh PT.PLN Area Nias di Pulau Nias khususnya di Kota Gunungsitoli.

Ironisnya, sesuai pantauan suarasumut.com, selama pelaksanaan RDPU sudah terjadi tiga kali pemadaman di kantor DPRD Kota Gunungsitoli, sehingga mengganggu jalannya RDPU. ( sp/ss/gs )

Lihat Juga

Tidak Semua Program Dan Kegiatan Yang Telah Ditetapkan Dapat Dilakukan Oleh Pemerintah Sendiri

Rantauprapat | suarasumut.com  –  Pemerintah menyadari bahwa tidak semua program dan kegiatan yang telah ditetapkan ...