Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Foto & Video ›› Ditolak KPU, Paslon Yul-Ham Akan Gugat Ke PTUN

Ditolak KPU, Paslon Yul-Ham Akan Gugat Ke PTUN

Gunungsitoli, suarasumut.com — Karena ditolak maju sebagai calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Gunungsitoli oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Gunungsitoli, pasangan calon AKBP (Purn).Yuliaman Zendrato, SH, MH dan Hi.Ilham Mendrofa (Yul-Ham) akan menempuh jalur Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN).

Sebelum melakukan gugatan ke PTUN, paslon Yul-Ham terlebih dahulu menempuh jalur dengan melapor ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Republik Indonesia.

Hal tersebut diungkapkan Hi.Ilham Mendrofa atau calon Wakil Wali Kota dari Paslon Yul-Ham kepada wartawan, melalui pesan singkat yang dikirim pada media sosial, Kamis (24/9). “Kita harus sabar dan ikhlas atas putusan KPU Kota Gunungsitoli. Hal ini akan kita bawa kembali ke Bawaslu, DKPP dan baru ke PTUN,” ujar Ilham melalui pesan singkat.

Untuk diketahui, sebelumnya berkas Paslon Yul-Ham ditolak oleh KPU Kota Gunungsitoli saat mendaftar di KPU Kota Gunungsitoli tanggal 28 Juli 2015 yang lalu, dengan alasan tidak ada SK dari salah satu partai pendukung yang sedang bersengketa. Selain itu, karena tidak hadirnya salah satu unsur pimpinan partai yang bersengketa, yakni dari Partai Golkar kubu Ancol.

Paslon Yul-Ham melakukan gugatan ke Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslih) Kota Gunungsitoli, dan Panwaslih menerima keberatan Paslon Yul-Ham, serta merekomendasi KPU Kota Gunungsitoli membatalkan berita acara penolakan pendaftaran Paslon Yul-Ham dan membuka pendaftaran ulang.

Setelah diterima oleh KPU Kota Gunungsitoli dan menjalani pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Pirngadi Medan, Paslon Yul-Ham kembali ditolak KPU Kota Gunungsitoli sebagai peserta pemilu pada penetapan, rabu (23/9).

Alasan KPU, dimana setelah dilakukan verifikasi data, Paslon Yul-Ham tidak memenuhi syarat, karena pimpinan Partai Golkar versi Ancol atas nama Nehemia Harefa tidak menandatangani surat rekomendasi partai.

Ketua KPU Kota Gunungsitoli Sokhiatulo Harefa yang dihubungi wartawan melalui telepon seluler, untuk menanyakan tanggapan KPU Kota Gunungsitoli terkait rencana Paslon Yul-Ham melakukan gugatan ke PTUN tidak menjawab.(ih/ss/gs)

Lihat Juga

Tidak Semua Program Dan Kegiatan Yang Telah Ditetapkan Dapat Dilakukan Oleh Pemerintah Sendiri

Rantauprapat | suarasumut.com  –  Pemerintah menyadari bahwa tidak semua program dan kegiatan yang telah ditetapkan ...