Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Foto & Video ›› Disinyalir Banyak Kejanggalan, Pilkades Desa Air Hitam Minta Diulang

Disinyalir Banyak Kejanggalan, Pilkades Desa Air Hitam Minta Diulang

Kualuhleidong | suarasumut.com  –  Diduga banyak kejanggalan dalam pelaksanaan Pilkades Desa Airhitam Kecamatan Kualuhleidong Kabupaten Labuhanbatu Utara. Agar kiranya pilkades supaya bisa diulang dan panitia pilkades agar dibubarkan.

Hal ini diucapkan salah satu warga bernitial Udin warga Desa Airhitam, Jumat (3/6) kepada kru suarasumut.com Diakui Udin, kejanggalan yang dilakukan oleh panitia pilkades Desa Airhitam mengenai hak suara yang diterima warga banyak yang tidak masuk DPT (daptar pemilih tetap) tetapi ketika ditempat pengungutan suara KT dan KK yang menyatakan dia sebagai penduduk Desa Airhitam tidak mendapat hak suara walau pun indentitas itu sah.

Selain mengenai DPT yang tidak didaftar, panitia Pilkades dinilai sarat kecurangan dengan memperlambat pencoblosan, membuat masyarakat yang hendak menggunakan hak suaranya terasa bosan dan tidak sempat menggunakan hak suara. Akibat lambatnya panitia menyusun panggilan masyarakat yang hendak mencoblos, akibatnya ratusan suara terbuang sia –sia .

Hal serupa juga dijelaskan Pii warga Pasar Nol Desa Airhitam, disalah satu warung kopi, membenarkan tindakan panitia dinilai banyak kejanggalan. Misalnya tertangkapnnya salah satu anak yang menggunakan hak suara ganda, dan menurut infomasi anak tersebut dibawah umur tidak memiliki hak suara (belum dewasa) masih duduk di bangku sekolah, itu salah satu tanda kalau panitia pilkades Desa Airhitam telah gagal dan disinyalir banyak kecurangan.

Dari hasil pemilihan Pilkades Desa Air hitam dengan jumlah DPT (daptar Pemilihan tetap) 3055 suara dan suara yang tidak menggunakan hak suara mencapai 896 suara dan 30% dari suara yang digunakan, tetapi dari calon yang menang mencapai 713 suara atau 23% membuat suara yang menang lebih sedikit dari surat suara yang tidak di gunakan oleh masyarakat. Jadinya calon Kades yang menang jumlah suaranya di menangkan surat suara yang tidak digunakan, ini kan bisa dinilai kalau panitia mengabaikan suara yang tidak dipergunakan yang kemungkinan masih memiliki peluang kepada calon kades yang tiga ini harap menang .

“Kalau saya nilai Pilkades Desa Airhitam ini tidak transparan dan kalau bisa diulang menjadi dua putaran, sebab suara Mawi hanya selisih 36 suara dari Suprianto dari 713 suara Mawi dan Supriadi 682 suara,”ucap Pii.

Sementara Ketua Panitia Pilkades Desa Airhitam Sutrisno saat dikonfirmasi via Selulernya mengenai perihal pemilihan kades yang disinyalir banyak kejanggalan, menjelaskan, kalau tidak ada kendala dan mengenai akan di gugatnya itu urusan calon kades yang merasa dirugikan. “Dan masalah surat suara yang tidak mencoblos, itu sudah kita panggil dan mereka tidak hadir mencoblos jadinya kita anggap gagal,”ucap Sutrisno dengan mengakhiri penjelasannya. (hs/ss-lu)

Kata kunci terkait:
koran kades air hitam besar, fropil kepala desa air hitam, air hitam labura, desa air hitam, berita terbaru desa air hitan, masalah yg ada di desa air hitam, berita labura air hitam, desa air hitam besar, warga desa air hitam, Ir warga desa air hitam

Lihat Juga

Tidak Semua Program Dan Kegiatan Yang Telah Ditetapkan Dapat Dilakukan Oleh Pemerintah Sendiri

Rantauprapat | suarasumut.com  –  Pemerintah menyadari bahwa tidak semua program dan kegiatan yang telah ditetapkan ...