Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Foto & Video ›› Disdik Tebingtinggi Selenggarakan Seminar Pembangunan Pendidikan

Disdik Tebingtinggi Selenggarakan Seminar Pembangunan Pendidikan

Tebingtinggi | suarasumut.com – Wali Kota Tebingtinggi Umar Zunaidi Hasibuan membuka resmi seminar pembangunan pendidikan menyosong Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang diselenggarakan Dinas Pendidikan (Disdik) setempat di Gedung Balai Kartini, Senin (11/4/2016).

Dalam seminar yang diikuti anggota DPRD, Pengawas SD, SMP, SMA, SMK, Kepala TK, SD, SMA, SMK Negeri dan swasta se Kota Tebingtinggi, Dewan Pendidikan Kota, para pejabat eselon III dan IV Disdik, sebagai pembicara Wali Kota Umar Zunaidi Hasibuan dan Rektor Universitas Negeri Medan (Unimed) Syawal Gultom.

Disampaikan Umar, untuk meningkat kualitas pendidikan di Tebingtinggi, pemko akan terus berupaya melakukan berbagai inovasi dan kreatifitas menggali ilmu dengan berbagai kegiatan. “Nabi Muhamad.SAW bersabda untuk memperoleh selamat di dunia ini dengan menuntut ilmu, dan selamat di akhirat juga dengan ilmu. Maka itu lah di dunia dan akhirat untuk dapat selamat dengan ilmu,”ujarnya.

Umar mengatakan, kualitas pendidikan di negeri ini, kondisinya berbeda antara yang di kota dengan di pinggiran, utamanya dalam penggunaan teknologi dan kurangnya dalam menguasai bahasa, apalagi di era globalisasi seperti saat ini ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) serta bahasa menjadi sangat penting. Menurutnya, banyak cara untuk menuntut ilmu, bisa dilakukan secara formal dengan melalui jenjang pendidikan dan non formal, misalnya rajin membaca buku-buku atau apa saja yang bermanfaat serta akan menambah resensi.

“Dengan teknologi saat ini seakan dunia tidak punya batas lagi, yang ada hanya batas administratif. Kapan saja dan setiap saat kita dapat mengetahui apa yang terjadi di benua lain, dan semua dilakukan dengan memanfaatkan ilmu teknologi dan penguasaan bahasa asing,” ujarnya.

Umar menambahkan, tanpa memiliki ilmu pengetahuan mustahil akan mampu bersaing dengan bangsa-bangsa lain di dunia, terlebih dengan berlakunya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). “Jika ditingkat Asean saja tak mampu, bagaimana ke tingkat dunia, habislah kita digilas bangsa lain,” ucap Umar.

Dalam kegiatan seminar tersebut juga dilakukan penandatangan nota kesepakatan (MoU) antara Pemko Tebingtinggi dengan Unimed yang dilakukan Wali Kota Tebingtinggi, Umar Zunaidi Hasibuan dengan Syawal Gultom.
Isi kesepakatan antara lain, pemberian bea siswa bagi mahasiswa Unimed yang berasal dari Tebingtinggi, pengembangan dan peningkata kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan pendidikan di daerah itu.

Umar dalam seminar tersebut mengambil topik ‘Dampak Implementasi UU Nomor 23 Tahun 2014 Bidang Pendidikan dan Syawal Gultom mengenai “Membangun Tebingtinggi melalui pendidikan”.(ag/ss-tt)

Lihat Juga

Cegah Mismatch Menahun, BPJS Kesehatan Diminta Koreksi Diri

Jakarta | suarasumut.com  –  Anggota Komisi IX Irma Suryani mengibaratkan defisit yang dialami Badan Penyelenggara ...