Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Foto & Video ›› Diduga Kuat Illegal, Kayu Logging Dilepas Polres Labuhanbatu

Diduga Kuat Illegal, Kayu Logging Dilepas Polres Labuhanbatu

Labuhanbatu, suarasumut.com – Polsek Kualuhhulu lakukan penangkapan Kayu hutan yang diduga merupakan illegal logging, Rabu (26/6). Polsek tangkap 2 Truck kayu dengan no Pol BK 8436 VM dan BK 9320 VL, truk Log ditangkap saat melintas di jalan lintas sumatera depan RS PTPN 3 M.Muda menuju Kabupaten Asahan. Kayu illegal logging akhirnya diserahkan ke Mapolres Labuhanbatu karena tidak bisa menunjukkan Dokumen sewaktu Polsek memintanya kepada supir.

Saat terjadinya penangkapan kayu log tersebut beberapa awak media menanyakan keabsahannya, saat itu Kapolsek Kualuhhulu AKP. Sofyan menjelaskan ke awak media bahwa kayu tersebut ilegal karena tidak bisa menunjukkan dokumen dan jenis kayunya adalah jenis kayu hutan.

“Kayu hasil tangkapan ini akan kita serahkan ke Mapolres besok pagi, karena kayu Log ini tidak memiliki Dokumen dan jenisnya juga merupakan kayu hutan, jadi sabar saja kita tunggu informasinya dari polres,”terang Kapolsek.

Berbeda dengan keterangan yang disampaikan oleh Kapolres Labuhanbatu AKBP. Achmad Fauzi Dalimunthe,Sik saat dikonfirmasi suarasumut.com, Kapolres malah mengatakan bahwa kayu log yang diserahkan oleh Polsek Kualuhhulu memiliki Dokumen yang lengkap. Dan Kapolres malah mengarahkan awak media menkonfirmasi Kasat Reskrim untuk lebih lanjut.

Awak suarasumut.com coba untuk mengkonfirmasi Kasat Reskrim AKP. Hendra Eko Triyulianto lewat seluler, tapi belum berhasil dihubungi walau sudah mengirimkan pesan singkat (SMS).

Ketua Aliansi Penyelamatan Indonesia (API) Labura Dansen Simarmata angkat bicara terkait perbedaan keterangan Kapolsek Kualuh dengan keterangan Kapolres Labuhanbatu saat memberi keterangan konfirmasi kepada media.

“Saat terjadinya penangkapan kayu yang diduga merupakan Illegal Logging saya sendiri berada di Mapolsek dan mendengar langsung keterangan Kapolsek bahwa kayu tersebut tidak memiliki Dokumen, terbukti tidak bisanya supir menunjukkan surat dokumennya,”tegas Dansen Simarmata.

“Saya melihat adanya kejanggalan dalam kasus ini, keterangan yang disampaikan oleh Kapolres Labuhanbatu bahwa kayu yang diserahkan Polsek ke Mapolres memiliki surat dokumen sehingga Polres melepaskannya. Pertanyaannya kalau kayu tersebut memiliki surat dokumen, kenapa mesti harus dibawa ke Polres?, ada apa?, apa ada?,”tambah Ketua API Labura kepada awak media. (ao/tm/ss/lbr)

Kata kunci terkait:
ilegal loging asahan, illegal logging polres asahan, kasus ilegal loging di polres labuhan batu, kasus penangkapan kayu di tanjunh balai asahan medan

Lihat Juga

Pemkab Nias Bantu Lanjut Usia Terlantar

Nias | suarasumut.com  —  Pemerintah Kabupaten Nias memberikan bantuan kepada 100 orang Lanjut Usia terlantar ...