Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Headline ›› Diduga Kades Dan Koptan Kerja Sama Gelapkan Dana Perkebunan Rakyat/BPDS Kemenhut

Diduga Kades Dan Koptan Kerja Sama Gelapkan Dana Perkebunan Rakyat/BPDS Kemenhut

Bilah Hilir, suarasumut.com – Kepala Desa Negeri Lama seberang Kecamatan Bilah Hilir Kabupaten Labuhanbatu yang bekerja sama dengan salah satu satu ketua kelompok tani di desa tersebut disinyalir menggelapkan dana program penghijauan desa atau perkebunan rakyat tahun 2013 lalu.

Pasalnya, menurut keterangan sejumlah perangkat desa yakni ketua Badan Permusyawaratan Desa Negeri Lama seberang H.Irianto Sirait yang dikutip suarasumut.com saat dikonfirmasi 8/7, melalui selulernya mengatakan kalau program penghijauan /perkebunan rakyat dari BPDAS Kementerian Kehutanan sebesar Rp 50.000.000 tahun 2013 lalu realisasinya di desa Negeri Lama seberang ini tidak sesuai dengan anggaran nya.

“Memang benar pak, program penghijauan/perkebunan rakyat yang dilaksanakan kepala desa beserta kelompok tani yang diketuai oleh mertua kepala desa ini sangat mengecewakan warga, sebelumnya pun tidak ada kordinasi antara kepala desa dan perangkatnya, kita selaku BPD sama sekali tidak tahu menahu berapa anggarannya, dan bagaimana pelaksanaannya di desa, kades terkesan menutup-nutupinya,”ungkapnya.

Akibatnya,kalau benar realisasi anggaran BPDAS ini tidak jelas atau tidak sesuai dengan juklak dan juknisnya tentunya sangat merugikan Negara dan aparat penegak hukum diharapkan dapat menindak lanjuti persoalan ini.

Sementara itu, Paino Kepala Dusun Blok tiga Desa Negeri Lama seberang ketika dikonfirmasi suarasumut.com,  8/7 melalui seluler , menyebutkan kalau bibit yang ditanam hanya sebagian kecil dari jumblahnya,sedangkan lainnya banyak yang mati, Karena kurang perawatan.

Ahyar Ritonga selaku kepala desa sampai saat ini enggan menjawab isi pesan singkat yang dilayangkan wartawan terkait konfirmasi kebenaran hal tersebut.

Begitu juga dengan pejabat pembuat komitmen (PPK) Dinas kehutanan dan perkebunan Kabupaten Labuhanbatu tidak berkenan menjawab konfirmasi terkait hal ini, guna memperoleh penjelasan rinci mengenai program BPDAS ini. (ta/ss/ra)

Lihat Juga

MUI Dan Polisi Berperan Sebagai Pemersatu Bangsa

Padangsidimpuan | suarasumut.com – Peran serta ulama dan instansi kepolisian menjadi modal utama untuk menyatukan ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.