Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Headline ›› Di Panai Hulu Rp1,1 Milyar Anggaran PNPM Pisew Tahun 2014 Sarat Pungli

Di Panai Hulu Rp1,1 Milyar Anggaran PNPM Pisew Tahun 2014 Sarat Pungli

Labuhanbatu, suarasumut.com – Program PNPM Pisew yang seyogyanya diperuntukkan untuk kemaslahatan masyarakat, ternyata malah dijadikan ajang meraup keuntungan pribadi bagi segelintir oknum pengurus PNPM Pisew itu sendiri, parahya lagi oknum camat disebut-sebut memiliki “anak main” untuk melakukan “pungli” dengan dalih BU (biaya umum) di luar SP3 (surat perjanjian pemberian pekerjaan).

Pasalnya, hal ini terkuak berdasarkan keterangan yang disampaikan PJOK (penanggung jawab operasional kegiatan) PNPM Pisew kepada wartawan sebelumnya, saat dikonfirmasi SR menerangkan kalau biaya umum berdasarkan SP3 hanyalah berkisar 7 sampai 8 persen, “memang ada dikenakan tiap LKD biaya umum sebesar 7 sampai 8 % dari pagu anggaran yang dikelola , tapi saya kurang tahu mengenai pengutipan dana BU tersebut n BU yang dilakukan oleh”anak main” oknum camat diluar SP3 hingga 1dan siapa yang mengutipnya,” beber SR.

Ironisnya, terendus kabar dari beberapa LKD kalau pengutipa0% , akibatnya LKD selaku kuasa pengguna anggaran tidak lagi bisa mengerjakan pekerjaan fisik sesuai dengan yang tertulis di SP3, sebab anggaran yang mereka (LKD red) keluarkan untuk BU yang tidak jelas penggunaannya tersebut sudah melampaui kesepakatan.

Artinya , 2 sampai 3 persen anggaran yang dikutip merupakan pungutan liar dan digunakan untuk kepentingan pribadi tanpa dapat dipertanggungjawabkan. “Benar bang , para LKD dikutip biaya umum 10%, oleh AR , katanya disuruh camat, “ sebut sumber yang layak dipercaya .

Menyikapi hal ini, Bung Nasty ketua Investigasi LSM Suara Informasi Korupsi Anggaran Pemerintah (SIKAP) Labuhanbatu meminta pihak Kejaksaan Negeri Rantauprapat dibawah Pimpinan Hermon Dekristo,SH agar mengusut dugaan pungli yang telah menggurita ini. (ta/ss/lb)

Lihat Juga

Terkait Mau Tampar Anggota, Kadis Pendidikan Akan Nasehati Oknum KUPT Ransel

Rantauprapat | suarasumut.com  –  Terkait ocehan Oknum Kepala Unit Pelaksana Tehnik (KUPT) Dinas Pendidikan,Kecamatan Rantau ...