Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Headline ›› Dewan Ingatkan Jelang Lebaran PNS Dilarang Terima Parcel

Dewan Ingatkan Jelang Lebaran PNS Dilarang Terima Parcel

Kotapinang, suarasumut.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Labuhanbatu Selatan kembali mengingatkan kalangan Pegawai
Negeri Sipil (PNS) di Kabupaten Labuhanbatu Selatan untuk tidak menerima parcel atau bingkisan Lebaran sesuai peraturan yang berlaku.

Wakil Ketua Komisi A DPRD Labusel, Jappar Siddik ditemui di ruangan kerjanya, Kamis (17/7), mengatakan, berdasarkan undang-undang nomor 20 tahun 2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi secara jelas disebutkan bahwa PNS dilarang menerima pemberian dalam arti yang luas yang dapat ditafsirkan bisa saja berupa parcel atau bentuk lainnya.

Sedangkan disisi lain sesuai peraturan pemerintah nomor 53 tahun 2010 tentang Disiplin PNS juga menegaskan bahwa PNS dilarang keras menerima bingkisan Lebaran karena akan masuk bentuk pelanggaran disiplin PNS.

“Artinya semua PNS di pemerintah daerah kabupaten Labuhanbatu Selatan dilarang menerima bingkisan lebaran sesuai peraturan yang berlaku,” kata Jappar

Menurut Jappar , dalam peraturan disebutkan bahwa parcel lebaran merupakan bentuk gratifikasi yang tidak boleh diterima PNS dalam bentuk apapun.

Seperti mendekati lebaran tahun kemarin ada surat edaran KPK yang melarang kalangan PNS menerima percel atau bingkisan lebaran ditujukkan ke pemerintah pusat hingga pemerintah kab/kota.

Seharusnya himbauan tiap tahun kepada kalangan PNS agar menaati surat edaran KPK yang ditujukkan kepada pihak pemerintah daerah.

“Penerimaan parcel itu dilarang entah itu kiriman dari sesama PNS atau dari pihak ketiga, seperti rekanan proyek. Kalau parcel itu dari pihak ketiga, malah ada kecenderungan unsur penyuapan supaya mendapat jatah proyek,” ungkapnya.

Plt. Humas dan Infokom Setdakab Labusel Muhammad Irsan ketika dipertanyakan bahwa pemkab Labusel apakah sudah ada menerima surat edaran KPK terkait PNS dilarang keras menerima bingkisan Lebaran seperti parcel, menjawab belum ada diterima pemkab Labusel dengan singkat.(zr/ss/ls )

Lihat Juga

Kapolres: Preman Jalanan Di Wilkum Labuhanbatu Akan Tembak Ditempat.!

  Rantauprapat | suarasumut.com  –  Sebagai langkah dan upaya untuk terus menjaga Kondusifitas Wilayah hukumnya, ...