Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Kabar Sumut ›› Gunungsitoli ›› Dapil Untuk Pileg Kota Gunungsitoli Dirubah

Dapil Untuk Pileg Kota Gunungsitoli Dirubah

Gunungsitoli | suarasumut.com  —  Daerah pemilihan dan alokasi kursi anggota DPRD Kota Gunungsitoli untuk pemilihan umum tahun 2009 di Kota Gunungsitoli dirubah.

Perubahan disepakati pada pelaksanaan rapat koordinasi uji publik rancangan usulan penataan dapil yang digelar Komisi Pemilihan Umum Daerah Kota Gunungsitoli di restaurant Grand Kartika, Jalan Yos Sudarso, Kelurahan Pasar, Kota Gunungsitoli, Sabtu (10/2).

Pada rakor yang dihadiri Wali Kota Gunungsitoli Ir.Lakhomizaro Zebua, Ketua DPRD Herman Jaya Harefa, S.PdK, Partai Politik dan sejumlah tokoh masyarakat disepakati jika Kota Gunungsitoli dibagi menjadi tiga dapil dengan formasi dapil I sebanyak 11 kursi, dapil II sebanyak 7 kursi dan dapil III sebanyak 7 kursi.

Dapil I Kecamatan Gunungsitoli, dapil II gabungan Kecamatan Gunungsitoli Idanoi dengan Gunungsitoli Selatan dan dapil III gabungan Kecamatan Gunungsitoli Barat, Gunungsitoli Utara dan Gunungsitoli Alo’oa.

Sebelumnya, Ketua KPU yang diwakili anggota KPU Firman Gea menerangkan, pergantian dapil dilakukan untuk mengikuti perkembangan yang ada serta beberapa pertimbangan dilakukan penataan.

“Saran dan masukan akan menjadi pertimbangan kepada KPU, dan kesimpulan penetapan dapil hari ini akan kita usulkan kepada KPU RI,” terangnya.

Di tempat yang sama, Wali Kota Gunungsitoli berharap pergantian dapil bisa menjadikan pemilihan legislatif tahun depan benar benar menentukan perwakilan masing masing daerah secara merata.

“Pemerintah Kota Gunungsitoli setuju perubahan dapil yang disepakati hari ini, supaya ada keadilan dan jumlah tiap dapil berimbang, sehingga tidak ada lagi daerah yang jumlahnya banyak tetapi tidak dapat kursi,” ujarnya.

Hal senada juga dilontarkan Ketua DPRD Kota Gunungsitoli Herman Jaya Harefa, S.PdK, dimana ketua DPRD mengatakan jika mereka dari unsur pemerintah mendukung penuh pelaksanaan uji publik perubahan dapil.

Menurut dia, pelaksanaan uji publik dilakukan KPU karena adanya undang undang, dan hal tersebut yang paling terbaik untuk melakukan pendekatan dengan ketentuan sehingga tidak banyak lagi sisa suara pada perhitungan suara pada pileg tahun 2019.

Untuk diketahui, pada pileg tahun 2014, dapil di Kota Gunungsitoli terbagi tiga dengan formasi dapil I Kecamatan Gunungsitoli sebanyak 9 kursi, dapil II Kecamatan Gunungsitoli Idanoi, Gunungsitoli Selatan dan Gunungsitoli Barat sebanyak 9 kursi dan dapil III Kecamatan Gunungsitoli Utara dan Gunungsitoli Alo’oa sebanyak 5 kursi.(al/ss-gs)

Kata kunci terkait:
dapil dprd sumut

Lihat Juga

Meski Belum Tutup, Gudang CPO Di Labuhanbatu Kini Gunakan Gerbang Pagar, Diduga Untuk Kelabui Petugas

Labuhanbatu | suarasumut.com  –  Setelah diberitakan Seputar penampungan CPO yang beroprasi di Bulu Cina, Kecamatan ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *