Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Bisnis & Ekonomi ›› Dandim 0211/TT: Pemerintah Lewat TNI Siap Membantu Masyarakat Tingkatkan Ketahanan Pangan Tapteng

Dandim 0211/TT: Pemerintah Lewat TNI Siap Membantu Masyarakat Tingkatkan Ketahanan Pangan Tapteng

Sibolga, suarasumut.com – Dalam rangka peningkatan pangan , pemerintahan yang dipimpin Presiden Joko Widodo – Jusuf Kalla melakukan program nasional lewat pembangunan infrastruktur pertanian untuk meningkatkan hasil pertanian.

“Kegiatan ketahanan pangan yang sedang kita lakukan ini merupakan kegiatan program Nasional,” terang Letkol Inf Indra Kurnia Dandim 0211/TT terhadap wartawan, diruang kerjanya, Senin( 09/02).

“Dengan adanya MoU (memorandum of understanding) yang sudah kita tanda tangani dengan Bupati lanjut Letkol Inf Indra, akan menjadi payung hukum untuk bertindak sesuai dengan butir MoU ini, mempromosikan dan membantu lahan pertanian atau bagaimana cara pengelolaan lahan yang sebenarnya apabila suatu daerah mengalami kesulitan (kendala) dalam pengelolaan, personel kami akan segera bertindak total langsung kelapangan,”tegasnya.

Lanjut Indra, kemudian sekarang kita sedang difungsikan di segi pembangunan, pemeliharaan, dan pengawasan infrastruktur pertanian, ya.. seperti saluran irigasi (pengairan) yang rusak segera laporkan terhadap kami, kami akan terjun ke lokasi, kalau memang ada perintah untuk membangun kita siap untuk membangun, begitu juga pemeliharaan dan pengawasan mari kita kerjakan secara bergotong royong,tuturnya.

Gerakan menanam lahan kosong tambahnya, sesuai dengan laporan dari Danramil yang sudah siap baru-baru ini di lahan bandara Pinang Sori kabupaten Tapteng, kami tidak akan menggusur pertanian, justru kita bantu , namun perlu kita awasi dan kita tertibkan dengan di bantunya adanya aspek keamanan,bandara itukan merupakan objek vital bagi penerbangan kita, imbuh Indra.

Lebuh lanjut di jelaskan Dandim, seperti tanaman yang ada di area bandara yang tingginya lebih satu meter akan kita arahkan mana yang lebih layak tempatnya sebab sangat mengganggu landasan panjang,dan pondok masyarakat yang ada di landasan pesawat sudah kita suruh pindah dari tempat, terus yang bakar-bakar lading,kami sudah bekerjasama dengan bapak Aritonang kelompok tani masyarakat .

Dikatakan Letkol Indra, bagi yang mempunyai ternak juga sudah kita tertibkan, salah satu contohnya bebek, sangat pengaruh bagi landasan apabila bebek tersebut terbang pada saat pesawat sedang take of kita tidak tau bebek tersebut mengenai baling-baling pesawat, itu sangat mengganggu aktifitas penerbangan bandara, melalui Kodim kami sudah bekerjasama dan sosilisasi terhadap masyarakat disana.

Program ketahanan Pangan ini ada tiga sebut Indra, padi, kedelai dan jagung untuk beberapa tahun sebelumnya kedelai masih minim perkembangan nya di Tapteng, justru ini yang harus kita coba dengan menggunakan teknologi yang canggih dengan menggunakan pupuk organic, kompos kita minimalkan dengan menggunakan pupuk peptisida termasuk pupuk teknologi canggih ,jamur makan jamur (jamur yang memakan jamur akar),semua itu sudah kita uji coba dan sudah berhasil,terangnya.

Menurutnya, ada baiknya kita membentuk Bina padi dengan satu tingkatan padi di padu dengan lahan ternak ikan, jadi kita akan ajak masyarakat untuk menggunakan non pupuk Peptisida , kita hanya menggunakan pupuk yang alami tanpa bahan kimia demi keamanan ternak ikan yang ada di sekitar lahan,beber Indra.

Sekarang saya sedang menunggu laporan harian dari para Koramil baik Babinsa, dan yang akan kita sampaikan kepada bapak Danrem 023/KS yang sedang membantu para petani, seperti mengusir burung pemakan padi, pembuatan irigasi, dan lainnya yang sangat dekat dengan masyarakat petani, itu sudah termasuk membantu ketahanan pangan yang ada di wilayah Tapteng ini,ungkap pangkat Melati Dua tersebut.(ph/ss/sb)

Lihat Juga

Sosialisasi Seleksi, Pembinaan Calon Anggota Polri, Polres Tapteng MoU Dengan Pemkab

Tapteng | suarasumut.com –  Melahirkan serta meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) bagi generasi muda Tapanuli ...