Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Foto & Video ›› Dana IDB 2016, Pemko Tebingtinggi Bangun 9 Unit Ipal Sanitasi Komunal

Dana IDB 2016, Pemko Tebingtinggi Bangun 9 Unit Ipal Sanitasi Komunal

Tebingtinggi | suarasumut.com – Sanitasi adalah perilaku disengaja dalam pembudayaan hidup bersih dengan maksud mencegah manusia bersentuhan langsung dengan kotoran dan bahan buangan berbahaya lainnya. Dengan harapan usaha ini akan menjaga dan meningkatkan kesehatan manusia.

Hal itu disampaikan Kepala Bappeda yang juga Ketua DPIU (district project implementation unit) Kota Tebingtinggi Gul Bahri Msi didampingi Lurah Asiah SH beserta PPTK Baun Siregar, Staff Bapeda. Dalam rangka sosialisasi pembentukan Pokja (kelompok kerja) pembangunan Ipal sanitasi masyarakat (sanimas) bertempat di Kantor Kelurahan Karya jaya Kecamatan Rambutan Kota Tebingtinggi, Rabu (7/9).

Pertemuan dihadiri warga Kelurahan berjumlah 40 orang, dalam sosialisasi, juga terbentuk kelompok kerja pembangunan Ipal Sanitasi di Lingkungan II dengan nama Ipal Sanitasi Seroja di Ketuai oleh Wagimin dengan anggota masyarakat Lingkungan II sebanyak 15 orang bekerja sama dengan BKM Kelurahan.

Dalam acara sosialisasi Gul Bahri Msi, Baun Siregar, Yunita SKm. memaparkan tentang betapa pentingnya membuat instalasi pengolahan limbah, dimana diterangkan satu buah Ipal Sanitasi Komunal pembuatannya menelan biaya Rp 425 juta dan bisa menampung 50 rumah tangga untuk keperluan mandi, cuci dan wc. Dalam pembangunan fisik Ipal Sanitasi ini harus dikerjakan oleh warga masyarakat dan tidak boleh dikerjakan melalui kontraktor, artinya masyarakat dilibatkan langsung dalam pembangunannya dengan membentuk kelompok kerja sesuai dengan hasil musyawarah dari BKM dan pengerjaannya akan diawasi oleh tim Saker dari dinas PU dan juga dari Bappeda melalui Ketua DPIU.

“Kepada warga masyarakat, Pemerintah Kota Tebingtinggi dengan bantuan dari Islam Development Bank (IDB) yang bermarkas di Riyad Saudi Arabia agar memanfaatkan sebaik mungkin penggunaan Sanitasi Komunal ini,”ujar Gul Bahri.

Datambahkan Gul Bahri,  di Kota Tebingtinggi tahun 2016 tepatnya di pertengahan September akan dibangun 9 unit Ipal di 9 kelurahan dengan ukuran 60 meter persegi yang telah disurvey dan layak dibangun Sanitasi Komunal. Yang mendapatkan, Kelurahan Karya Jaya ada 2 unit, Kelurahan Sripadang 1, Kelurahan Mentos 1, Kelurahan Satria 1, Kelurahan Bandarsakti 1, Kelurahan Bandarutama 1, Kelurahan Pinangmancung 1, Kelurahan Mandailing 1. “Ini semua dibangun oleh pemerintah dengan dana IDB dengan tujuan untuk mensejahterakan masyarakat Kota Tebingtinggi,”jelasnya.(ag/ss-tt)

Kata kunci terkait:
yang dimaksud dengan DPIU sanimas kota tebing tinggi, poto ipal sanimas idb, pembuatan ipal komunal terbaik sumut 2017 tebing tinggi, Pembentukan pokja ipal, ketua bkm dari kelurahan satria Tebingtinggi, ipal IDB, gsmbar ipal sumatra utars, gbr ipal IDB, gambaran umum ipal kota tebing tinggi, desain terbaik sanimas idb

Lihat Juga

Sosialisasi Seleksi, Pembinaan Calon Anggota Polri, Polres Tapteng MoU Dengan Pemkab

Tapteng | suarasumut.com –  Melahirkan serta meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) bagi generasi muda Tapanuli ...