Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Headline ›› Dana Desa Perkebunan Sinar Pendawa Diselewengkan?

Dana Desa Perkebunan Sinar Pendawa Diselewengkan?

Bilah Hilir |suarasumut.com  –  Dana desa sebesar Rp 230.000.000 untuk Desa Perkebunan Sinar Pendawa Kecamatan Bilah Hilir Labuhanbatu yang bersumber dari APBN T.A 2015 ini seratus persen digunakan untuk pinjaman pada tujuh dusun yang ada, diantaranya perdusun dipercaya mengelola sebesar Rp 24.800.000.

Berdasarkan keterangan Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Perkebunan Sinar Sembada Jamil Nasution kepada wartawan menyebutkan kalau anggaran yang diterima desa (dana desa ) dipergunakan untuk simpan pinjam kepada masyarakat di tujuh dusun,dimana setiap dusunnya dialokasikan sebesar Rp 24.000.000.

“Hal tersebut sudah kami rembukan dan telah direstui oleh PMD/K Kabupaten Labuhanbatu, dan yang mengelola anggaran tersebut adalah kepala dusun di setiap dusunnya, dengan ketentuannya kalau ada masyarakat yang minjam satu juta rupiah, maka cara pengembaliannya seratus ribu rupiah setiap bulannya, itupun dipotong meja saat gajian, sebab masyarakat di desa perkebunan kan karyawan selama satu tahun,’’terangnya.

“Sementara Alokasi Dana Desa (ADD) yang bersumber dari APBD Kabupaten dipergunakan untuk pembelian ATK Kantor Kepala Desa, namun untuk lebih pastinya sudah ada tertera di kantor Kades,”sebut Jamil mengakhiri.

Sagino,Spd Kepala Desa Perkebunan Sinar Pendawa belum dapat dikonfirmasi terkait penggunaan dana desa , bagi hasil pajak, dan ADD tahun anggaran 2015 ini.

Menanggapi hal ini, Sekretaris Aliansi Penyelamatan Indonesia (API) Kabupaten Labuhanbatu Bung Nasty menyampaikan kepada wartawan di Rantauprapat saat jumpa pers, mengatakan adanya dugaan penyelewengan anggaran dana desa ini, sebab dari pagu Rp 230.000.000 yang terpakai untuk SPP hanya 1.73.600.000, sedangkan sisanya entah kemana.(ta/ss/lb)

Lihat Juga

Terkait Mau Tampar Anggota, Kadis Pendidikan Akan Nasehati Oknum KUPT Ransel

Rantauprapat | suarasumut.com  –  Terkait ocehan Oknum Kepala Unit Pelaksana Tehnik (KUPT) Dinas Pendidikan,Kecamatan Rantau ...