Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Headline ›› Dalih Perpisahan, Wasek SMAN I Langgapayung Lakukan Pungli Pada Siswa

Dalih Perpisahan, Wasek SMAN I Langgapayung Lakukan Pungli Pada Siswa

Labusel, suarasumut.com – Wakil Kepala Sekolah Menengah Atas NegeriI Langgapayung Kecamatan Sungai Kanan Kabupaten Labuhanbatu Selatan berinisial YN, disinyalir melakukan pungutan liar (pungli) terhadap 420 siswa.

Wasek melakukan pemungutan terhadap setiap siswa dengan dalih uang perpisahan, hal ini di sampaikan beberapa orang tua siswa. Menurut keterangan orang tua siswa ke media, pengutipan yang dilakukan Wasek YN bervariasi, seperti siswa kelas 10 dikutip Rp. 25000/ siswa dari jumlah 155 orang. Untuk kelas XI dikutip Rp. 25000/siswa dari jumlah siswa 134 orang, dan kelas XII dikenakan Rp. 75000/siswa dari jumlah siswa 131 orang.

Ironisnya Pungutan yang dilakukan oleh YN dengan cara terang terangan, dan menurut keterangan Kepala Sekolah SMAN I K. Situmorang kepada beberapa awak media mengatakan,” pengutipan yang dilakukan oleh wakil kepala sekolah saya tanpa sepengetahuan saya, dan ini tidak saya ketahui sama sekali. Wasek hanya datang menghadap saya dan melaporkan adanya agenda rapat perpisahan,”terang Kepala Sekolah.

“ Saya sebagai Kepala Sekolah terkejut terkait pengutipan yang dilakukan Wasek terhadap siswa dan ini akan saya pertanyakan langsung,” tambanya.

Kepala Dinas Pendidikan Labusel Abdul Manan Ritonga ketika suarasumut.com meminta tanggapan tentang Pungli yang dilakukan Wasek,” Saya sabagai Kepala Dinas tidak mengetahui perihal kejadian dan segera akan mengecek kebenarannya, apa benar Wasek lakukan pengutipan dengan dalih untuk biaya kegiatan acara perpisahan?. Bila informasi ini benar saya sebagai Kepala Dinas akan lakukan tindakan, karena ini sudah merupakan pelanggran dan merusak nama baik pendidikan Labusel,” tegas Abdul Manan Ritonga.

Dalam persoalan ini Ketua DPRD Labusel Feri Andika Dalimunte S.Kom angkat bicara, Ketua DPRD mengatakan,” pengutipan liar yang dilakukan tenaga pendidik terhadap siswa dengan dalih yang dibuat buat sudah tidak lazim dan tidak bisa di diamkan karena perlakuan ini jelas sudah merusak citra pendidikan. Dalam permasahan ini, saya atas nama wakil rakyat meminta KepalaDinas Pendidikan dan Kepala Sekolah SMAN I untuk lakukan tindakan tegas terhadap oknum Wasek yang telah mencemarkan nama baik SMAN I serta merugikan orang tua siswa, ucap Ketua DPRD dengan nada kesal.(mh/ss/ls)

Lihat Juga

Bupati Nias Resmikan Musholla Al-Hikmah

Nias | suarasumut.com  –  Bupati Nias Drs Sokhiatulo Laoli, MM meresmikan Musholla Al-Hikmah di Desa ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *