Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Foto & Video ›› Dalam Satu Hari, 2 Titik Si Jago Merah Lahap Hutan Di Tapteng

Dalam Satu Hari, 2 Titik Si Jago Merah Lahap Hutan Di Tapteng

Tapteng | suarasumut.com  –  Terjadi kebakaran hutan di 2 kecamatan di Tapanuli Tengah (Tapteng), kecamatan Sarudik sekitar jalan Padang Sidempuan kelurahan Sibuluan, dan kecamatan Pandan, kelurahan Sihaporas sekitaran jalan Sipansihaporas, Sabtu (22/07/2017).

Menurut informasi yang di ketahui dari sejumlah masyarakat kecamatan Sarudik, titik api mulai membesar sekira pukul 12.00 Wib.

Dikatakan beberapa sumber, titik api itu di duga berawal dari sekitar lahan yang baru di buka untuk membangun perumahan dekat pegunungan lokasi lahapan si jago merah.

Dalam peristiwa itu tampak, sepanjang jalan lintas Sumatra ini dipadati beberapa unit mobil pemadam kebakaran kabupaten Tapanuli Tengah (Damkar Tapteng) serta dibantu 1 unit mobil damkar dari pemerintah kota Sibolga.

Camat Sarudik Rudolf Sihotang mengatakan kebakaran hutan tersebut masih dalam pihak penanganan pihak polres Tapteng.

“Kebakaran ini masih ditangani polres. Ini sangat merugikan kita, kejadiannya sudah ada tiga kali mulai Selasa kemarin sampai hari ini (Sabtu),” kata Camat terhadap wartawan.

Dalam suhu panas yang tinggi Camat Sarudik menyampaikan agar tidak membakar lahan, baik itu pembukaan lahan baru, perkebunan dan pertanian dan yang lainnya.

“Karena membakar hutan itu tidak boleh sembarangan, sudah ditentukan dalam undang-undang,” ucap Rudolf.

Remember Marpaung salah satu pemilik lahan yang dilalap si jago merah itu mengaku sangat merugikan sekitar 20 pokok batang pohon karetnya.

“Pohon karet saya di perkirakan ludes, kalau tidak salah ada 20 batang itu,” ucap Remember, salah satu petani karet.

Api di Sarudik dapat di padamkan sekira pukul 17.00 Wib yang di bantu para personel TNI, dan pihak kepolisian.

Tidak lama dari peristiwa kebakaran di kecamatan Sarudik, menyusul di kecamatan Pandan kelurahan Sihaporas sekira pukul 17.15. Api yang ingin menjalar disepanjang jalan itu seketika ditaklukkan pihak Damkar Tapteng.(ph/ss-tt)

Lihat Juga

Capai Pelayanan Paripurna, RSUD Rantauprapat Gelar Bimbingan Dari KARS Pusat

Rantauprapat | suarasumut.com  –  Demi meningkatkan pelayanan Prima untuk masyarakat, RSUD Rantauprapat rela mengadakan bimbingan ...