Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Foto & Video ›› Curah Hujan Tinggi, Kades Desa Sei Sentosa Ajak Warga Gotong Royong

Curah Hujan Tinggi, Kades Desa Sei Sentosa Ajak Warga Gotong Royong

Labuhanbatu, suarasumut.com  –  Tingginya curah hujan dalam beberapa pekan terakhir, dikhawatirkan memicu banjir di beberapa titik lingkungan pemukiman warga. Untuk mengantisipasi banjir yang disebabkan hujan tersebut, Sei Sentosa, , Kabupaten Labuhanbatu, mengajak warga untuk lebih peduli terhadap saluran drainase di pemukiman masing-masing. Sehingga curah hujan yang tinggi tidak memicu genangan banjir.

Apalagi saat ini kondisi beberapa saluran drainase terlihat sangat dangkal. Hal ini terjadi karena menumpuknya sampah-sampah plastik. Kondisi tersebut diperparah lagi dengan pendangkalan saluran drainase akibat lumpur. Untuk itu dihimbau kepada warga untuk mengiatkan gotong royong, peduli bersih lingkungan di setiap dusun yang namanya “Program Jum’at Bersih“, terutama saluran sebagai antisipasi banjir di permukiman warga.

“Kita sangat mengharapkan partisipasi masyarakat dengan melakukan gotong royong di lingkungannya masing-masing dusun terutama normalisasi parit dan saluran pembuangan air dari sampah yang menumpuk dan menjadi penyebab tergenangnya air. Apalagi belakangan ini curah hujan cukup tinggi,” tegas Suhardi.

Tambahnya, kali ini kita fokus membersihkan parit mulai dari jalan besar Pekan Ajamu, yaitu titik nolnya di SMA SWASTA KARYA TANI, sampai ke pekan ajamu, dan sampah yang sudah kita korek dari parit kita angkut pakai mobil Pick up, Viar Dinas Pasar dan dikumpulkan di suatu tempat di areal perkebunan perusahaan PTPN IV Ajamu, agar sampah yang sudah diangkut dari saluran drainase tidak berserakan di trotoar jalan sehingga merusak pemandangan.

Sementara itu, Fendry Nababan salah satu warga dan juga penggerak LKMD mengatakan, program peduli lingkungan seperti yang dilakukan kepala Desa Suhardi ini patut didukung dan bahkan bisa sebagai contoh desa lain khususnya di Kecamatan Panai Hulu.

Lanjut dia, program peduli kebersihan lingkungan seperti ini patut didukung, program dan kebijakan akan berjalan apabila kita sebagai warga sadar akan arti dari makna kebersihan, kalau lingkungan bersih tentunya warga juga nyaman dan dapat terhindar dari segala jenis penyakit, contohnya demam berdarah, kaki gajah.

Pantauan media ini, kegiatan berjalan dengan lancar tampak hadir, Camat Panai Hulu Muslih, para Kadus, BPD, bersama warga antusias bekerja sama untuk membersihkan seluruh saluran air yang sudah tumpat dengan sampah dan lumpur, agar air bisa kembali mengalir ke sungai. (ta/ss/lb)

Lihat Juga

Tokoh Lintas Agama Diajak Untuk Menjaga Kamtibmas

Gunungsitoli | suarasumut.com  –  Seluruh tokoh lintas agama yang ada di Kepulauan Nias diajak ikut …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.