Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Foto & Video ›› Curah Hujan Tinggi, DAS Aek Raisan Taput Genangi Tapteng
Ket gambar : Salah satu rumah dibDesa Hurlang Muara Nauli (HMN) kecamatan Kolang kabupaten Tapteng Yang Terendam Banjir, Rabu (08/11/2017)
Ket gambar : Salah satu rumah dibDesa Hurlang Muara Nauli (HMN) kecamatan Kolang kabupaten Tapteng Yang Terendam Banjir, Rabu (08/11/2017)

Curah Hujan Tinggi, DAS Aek Raisan Taput Genangi Tapteng

 

*Ketinggian Air di Pemukiman warga Kolang, desa HMN di Perkirakan 1,5 Meter*

 

Tapteng | suarasumut.com  –  Kurang lebih selama tiga hari, curah hujan yang tinggi di Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) membanjiri pemukiman warga diberbagai kecamatan. Salah satunya, di Desa Hurlang Muara Nauli (HMN) Kecamatan Kolang. Kondisi lokasi pemukiman warga saat ini, Rabu (08/11/2107) terendam banjir.

“Banjir mulai pagi, sekira pukul 03.00 Wib. Ketinggian air diperkirakan antara 75 cm sampai 150 cm di pemukiman masyarakat. Masyarakat susah untuk memasak, rata-rata rumah tergenang air,” kata Marwan Zebua, korban banjir.

Namun dikatakannya, sampai saat ini kondisi warga korban banjir masih tetap bertahan di rumah masing masing.

Secara kasat mata, banjir tersebut akan memakan waktu surut yang cukup lama, hingga melumpuhkan perekonomian masyarakat petani disekitaran Desa Hurlang Muara Nauli.

“Kalau seperti ini diperkirakan 5 hari ke depan masyarakat tidak dapat mencari kehidupan sehari-hari,” ucapnya.

Lebih jauh dikatakannya, di Desa Hurlang Muara Nauli ini keseringan langganan banjir yang rata-rata sampe 3 kali dan 4 kali dalam setahun yang jaraknya diperkirakan 100 meter dari lokasi induk Daerah Aliran Sungai (DAS).

Menurut Marwan Zebua, debit sungai yang mengalir disekitaran banjir yang jarak dari tempat tinggal penduduk perlu direnovasi.

“Umpamanya bisa membuat pelurusan alur sungai, pembuatan tanggul. Kami masyarakat Desa Hurlang Muara Nauli kecamatan Kolang memohon kepada pemerintah daerah maupun pemerintah pusat untuk mengatasi nasib kami ini,” pintanya.

Tim Barisan Relawan Jokowi Presiden/Jalan Perubahan cabang Tapanuli Tengah (Bara JP Tapteng) menyerap aspirasi yang dikeluhkan masyarakat dilokasi genagan air yang meluap.

Penyampaian warga setempat langsung dipantau dilokasi banjir oleh tim Bara JP bersama ketua Bara JP Tapteng, Kabul Lumban Tobing.

Menurut Kabul, perlu perhatian yang serius bagi daerah yang sering mengalami banjir, termasuk itu wilayah luapan sungai akibat dari curah hujan yang tinggi.

“Kita berharap, agar ada solusi dan perhatian pemerintah untuk menangani daerah yang menjadi langganan banjir, termasuk yang ada di kecamatan Kolang ini,” terang Kabul yang diamini sejumlah warga setempat.

Luapan DAS Taput, Bermuara Ke Tapteng, Konservasi Alam Sampaikan Solusi

Hal senada dikatakan salah satu kader Konservasi Alam Sumut, Amiruddin Dolok Saribu menyampaikan, saat banjir besar di hulu DAS Aek Raisan Tarutung kabupaten Tapanuli Utara (Taput), DAS tersebut imbasnya bermuara ke daerah Tapteng, Kecamatan Kolang.

“Imbas nya ke desa-desa hilir sungai hingga ke muara Kolang. Bentuk sungai dari Kolang hinga Muara Kolang berkelok kelok dan dekat dekat kelokan nya, sehingga menjadi penghambat lajunya arus sungai yang meluap dan merendam wilayah perkampungan,” tulis Dolok menerangkan dalam pesan Aplikasi WhatsApp nya terhadap media.

Dia menyampaikan 4 poin jalan keluar untuk mengatasi masalah banjir tersebut, yakni

“1. Pelurusan Sungai dan Benteng Penahan Luapan Banjir. Permasalahan banyak tanah masyarakat yang Korban dan ribut seribut ribut nya.

2. Bangun pipa terowongan di bawah sungai hingga kelaut.

3. Bangun posko SAR di Kolang, setiap banjir cepat kirim bantuan sembako kepada masyarakat dianggarkan dan didata akurat agar tidak lemah senangat masyarakat nya. Siapkan perahu karet atau mesin mendistribusikan bantuan.

4. Bentuk Forum DAS Tapteng Taput merumuskan pembangunan DAS berkeadilan untuk masyarakat hilir dalam hal ini Desa HMN.

Demikian dari kami Kader Konservasi Alam,” ucap Amiruddin menambahkan yang merupakan dibawah binaan BBKSDA provinsi Sumut.(pahotan hutagalung/ss-tt)

 

Kata kunci terkait:
banjir tapteng

Lihat Juga

Terkait Mau Tampar Anggota, Kadis Pendidikan Akan Nasehati Oknum KUPT Ransel

Rantauprapat | suarasumut.com  –  Terkait ocehan Oknum Kepala Unit Pelaksana Tehnik (KUPT) Dinas Pendidikan,Kecamatan Rantau ...