Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Umum ›› Bupati Sergai Terima Kunjungan Kerja IPDN

Bupati Sergai Terima Kunjungan Kerja IPDN

Sei Rampah, suarasumut.com – Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman didampingi Sekdakab Drs. H. Haris Fadillah MSi menerima kunjungan kerja rombongan yang dipimpin langsung Pembantu Rektor Institut Pemerintah Dalam Negeri (PR IPDN) Prof. Dr. H. Wirman Syafrie MSi didampingi Kepala Lembaga Pengabdian Masyarakat Dr. Diah Anggraeni SH, MM dan jajarannya di aula Sultan Serdang kompleks kantor Bupati di Sei Rampah, Selasa (4/10).

Bupati Sergai H. Soekirman mengucapkan selamat datang sekaligus mengucapkan terimakasih yang telah memilih Kabupaten ini sebagai tujuan untuk melakukan pengabdian masyarakat perbatasan. Seperti kita ketahui bahwa Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat ini terdiri dari 17 Kecamatan, salah satunya sebagai daerah perbatasan yaitu Kecamatan Tanjung Beringin.

Dijelaskan Ir. H. Soekirman bahwa di kecamatan tersebut memiliki pulau terluar yang berbatasan dengan negara tetangga Malaysia bernama Pulau Berhala. Pulau Berhala ini ditetapkan sebagai kawasan ecomarine tourism (wisata bahari berwawasan lingkungan) berdasarkan Perda Nomor 12 Tahun 2006. Seperti kita ketahui bahwa masyarakat pesisir masih banyak berpenghasilan dibawah rata-rata, sehingga diperlukan adanya sentuhan untuk memperbaiki dan meningkatkan taraf hidupnya.

Melalui kegiatan ini Bupati Soekirman berharap adanya ide-ide dan masukan sebagai tindaklanjut sehingga dapat diimplementasikan dalam hal penanganan dan perbaikan pola pikir serta taraf hidup masyarakat pesisir, pungkas Bupati.

Pembantu Rektor (PR) IPDN Prof. Dr. H. Wirman Syafrie MSi dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan ini mengatakan dengan dilakukan pengabdian masyarakat perbatasan diharapkan dapat mengetahui sehingga dapat meminimalisir permasalahan di daerah perbatasan yang kerap terjadi beberapa waktu belakangan ini.

Sebelumnya Kepala Lembaga Pengabdian Masyarakat Dr. Diah Anggraeni SH, MM dalam laporannya kegiatan ini merupakan pendampingan oleh Dosen IPDN yang dilakukan terhadap daerah perbatasan. Dan berharap kegiatan ini dilakukan berkesinambunagn dimasa yang akan datang.

Lebih lanjut disampaikan kegiatan ini diisi dengan paparan dari beberapa narasummber antara lain Pemberdayaan Masyarakat, Konservasi Sumber Daya Kelautan, Pencegahan Konflik Lintas Batas dan Penanggulan Bencana Alam oleh Direktur IPDN Sumbar Dr. Drs. H. Ismail Nurdin MSi.

Kegiatan ini dihadiri Asisten dan Staf Ahli Bupati, Kepala SKPD dan camat se-Sergai serta para pendamping dari masyarakat Kecamatan Tanjung Beringin sebanyak 50 orang yang terdiri dari aparat pemerintahan desa, perwakilan lembaga-lembaga desa, tokoh masyarakat, pemuka agama, organisasi masyarakat, PKK dan Karang Taruna.

Diakhir acara dilaksanakan penandatangan Nota Kesepahaman Kerjasama Pendampingan Teknis Manajemen Pemerintahan di Kabupaten Serdang Bedagai Provinsi Sumatera Utara dilanjutkan peninjauan lapangan ke Kecamatan Tanjung Beringin.(pu/ss/sbg)

Lihat Juga

Terkait Mau Tampar Anggota, Kadis Pendidikan Akan Nasehati Oknum KUPT Ransel

Rantauprapat | suarasumut.com  –  Terkait ocehan Oknum Kepala Unit Pelaksana Tehnik (KUPT) Dinas Pendidikan,Kecamatan Rantau ...