Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Bisnis & Ekonomi ›› Bupati Sergai Terima Audensi Apkasindo

Bupati Sergai Terima Audensi Apkasindo

Sergai | suarasumut.com  –  Guna meningkatkan produksi kelapa sawit dan sumber daya para petani kelapa sawit di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) dengan ilmu teknologi dibidang pertanian, Bupati Sergai Ir. H. Soekirman didampingi Wabup Darma Wijaya menerima audensi dari Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesi (Apkasindo) di ruang kerja Bupati kompleks Kantor Bupati di Sei Rampah, Selasa (25/10).

Turut dihadiri oleh Asisten Ekbangsos Drs. Ahmad Zaki MAP, Kadis Hutbun M. Aliuddin SP, Kabag Humas Drs. Benny Saragih, MM serta Pengurus Apkasindo Sumut Abdul Muchlis SH dan Pengurus Apkasindo Sergai.

Dikemukakan Bupati Soekirman, pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sergai sangat mengapresiasikan dan mendukung kegiatan-kegiatan yang menjadi program Apkasindo yang nantinya bertujuan peningkatan produktivitas para petani kelapa sawit. Dimana luas perkebunan kelapa sawit di Sergai yang mencapai 12.570 hektar perlu peningkatan produksi, agar tingkat kesejahteraan petani sawit lebih terjamin. “Oleh karenanya diperlukan peningkatan sumber daya para petani kelapa sawit sendiri dengan mempergunakan ilmu teknologi dibidang pertanian,”ujar Bupati.

Senada dengan Bupati, Wabup Darma Wijaya mengatakan hal yang terpenting dalam meningkatan produksi kelapa sawit dan program replanting (program peremajaan kelapa sawit) ini adalah bibit yang unggul. Dengan bibit unggul tentunya akan menghasilkan produksi yang lebih baik sehingga harga penjualan sawit naik. “Disamping itu juga diharapkan dalam hal pemenuhan bibit unggul tentunya para petani kelapa sawit diberikan bantuan subsudi bibit sehingga tidak memberatkan mereka,”ungkap Darma Wijaya.

Sebelumnya Ketua Apkasindo Sergai M. Sofyan Daulay menjelaskan,bahwa Apskasindo yang merupakan wadah seluruh petani kelapa sawit se-Sergai dalam hal pemberian informasi, pendampingan dan pengawasan bertujuan mempersatukan masyarakat petani kelapa sawit yang nantinya menjadi satu kekuatan ekonomi yang dapat meningkatkan kesejahteraan yang merata. Salah satunya membangun ekonomi kerakyatan di pedesaan dengan menumbuhkembangkan usaha petani kelapa sawit melalui peningkatan dan pemberdayaan para petani agar menguasai ilmu dan teknolgi modern.

Apkasindo melalui dana hibah Badan Pengelola Dana Perkebunan (BPDP) akan memberikan bantuan sebesar Rp. 25 juta per hektar kepada para petani kelapa sawit. “Hal ini bertujuan agar para petani kelapa sawit memiliki keinginan dan dikerjakan secara mandiri dengan menghasilkan produksi kelapa sawit yang meningkat,”jelas Sofyan.(az/ss-sb)

Kata kunci terkait:
pengurus apkasindo mandailing natal

Lihat Juga

Evaluasi Program, Pemkab Nias Gelar Rakorbang

Nias | suarasumut.com  —  Untuk mengevaluasi pelaksanaan program dan kegiatan serta tingkat serapan anggarantahun anggaran ...