Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Bisnis & Ekonomi ›› Bupati Sergai Resmikan Pabrik Olahan Sawit Modern

Bupati Sergai Resmikan Pabrik Olahan Sawit Modern

Sergai, suarasumut.com – Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman meresmikan pabrik pengolahan kelapa sawit dengan mengusung konsep green, berkelanjutan (sustainable) dan modern milik PT. Karya Serasi Jaya Abadi (KSJA) yang berlokasi di Desa Binjai Kecamatan Tebing Syahbandar, Senin (10/11).

Peresmian pabrik ini selain dihadiri Bupati Sergai Ir. H. Soekirman juga Kapolres Tebing Tinggi AKBP. Enggar Pareanom, S.Sos, S.ik, Direksi Group Sumber Tani Agung Mosfly Ang, Dirut PT. KSJA Surianto, Sekdakab Drs. H. Haris Fadillah MSi, Asisten Ekbangsos Drs. H. Hadi Winarno, MM, jajaran Kepala SKPD, unsur Muspika Kecamatan Tebing Syahbandar, seluruh karyawan PT. KSJA serta tokoh masyarakat.

Seusai meresmikan pabrik ditandai dengan penandatangan prasasti, dalam sambutannya Bupati Sergai Ir. H. Soekirman mengatakan kehadiran perusahaan tesebut selain menunjukkan bahwa tanah bertuah negeri beradat menjadi daerah yang menarik dan kondusif untuk berinvestasi. Sejak Kabupaten Sergai dimekarkan dari kabupaten induk, diungkapkan H. Soekirman selama hampir sebelas tahun usia untuk pertama kalinya beroperasionalnya perusahaan olahan kelapa sawit modern.

Pada kesempatan tersebut dijelaskan Bupati Soekirman peluang investasi di Sergai terbuka lebar, karena banyak potensi yang bisa dikembangkan, salah satu potensi itu adalah sektor perkebunan. Saat ini tercatat sekitar 50.694,04 ha milik perusahaan besar kelapa sawit sedangkan perkebunan rakyat tercatat seluas 12.573,93 ha, untuk industri kelapa sawit yang beroperasi sebanyak 7 unit.

Ir. H. Soekirman juga mengingatkan terhadap seluruh industri olahan kelapa sawit di daerah ini diharapkan tetap mengedepankan dan menerapkan konsep berwawasan lingkungan hidup 3R yaitu Reduce, Reuse dan Recyle secara berkelanjutan. Hal ini berguna untuk menjaga limbah serta polutan yang keberadaannya merugikan masyarakat sekitarnya.

Maka dengan hadirnya perusahaan ini Bupati Sergai Soekirman menghimbau pabrik kelapa sawit yang baru dibuka tersebut dapat bermanfaat, bukan saja mendapatkan nilai tambah untuk kemakmuran masyarakat juga berdampak positif bagi perkembangan daerah. Disamping itu perusahaan diminta menjaga agar tidak terjadinya pencemaran lingkungan. Walaupun sudah menggunakan sistem pengolahan modern, dimana seluruh bagian buah sawit dapat bermanfaat dan tidak menimbulkan limbah.

Dirut PT. KSJA Surianto menjelaskan PT. KSJA memiliki standar pengolah kelapa sawit dengan kapasitas 30 ton perjam dan harga pembelian tandan buah segar (TBS) disesuaikan dengan harga global yang telah ditetapkan. Untuk meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat di sekitar perusahaan PT. KSJA juga membuka lapangan kerja yang hampir 60% merupakan putra daerah, pungkas Surianto. (Pu/ss/sbg)

Kata kunci terkait:
info perkebunan sawit wilayah tebing medan, nama pabrik minyak kelapa sawit di binjai, pabrik kelapa sawit tebing tinggi, pabrik sawit di binjai, pabrik sawit dikota batu rantau prapat, perusahaan kelapa sawit di desa binjai deli serdang, pt ksja di pangkatan

Lihat Juga

Ket. Gbr : Tersangka FA, pengisap ganja yang ditangkap Satres Narkoba Polres Psp di TPU Jalan Mgr Maradat Kec. Psp Selatan Kota Psp, Jum'at (20/7-2018). Foto Ali Akbar/SS

Polisi Amankan Pengisap Ganja Di TPU

Padangsidimpuan | suarasumut.com  –  Seorang pemuda ditangkap Satres Narkoba Polres Padangsidimpuan (Psp) di daerah Jalan ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *