Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Foto & Video ›› Bupati Sergai: Ciptakan dan Ukir Sejarah Lewat Generasi Muda yang Berprestasi

Bupati Sergai: Ciptakan dan Ukir Sejarah Lewat Generasi Muda yang Berprestasi

Sergai, suarasumut.com – Tidak kurang dari 2000 siswa SMA/SMK se-Kabupaten Serdang Bedagai ( Sergai ) melakukan aksi pertunjukkan tari Martumba dalam rangka Kegiatan Gebyar Generasi Berencana ( GenRe ) “Ikrar Menunda Usia Perkawinan” Tahun 2014. Kegiatan ini dipusatkan di lapangan eks MTQ kompleks Replika Istana Sultan Serdang Desa Melati Kebun Kecamatan Pegajahan, Sabtu (26/04).

Turut hadir pada gebyar GenRe Bupati Sergai Ir. H. Soekirman, Wabup Syahrianto SH, Dandim 0204/DS Letkol Arh. Syaeful Mukti Ginanjar, Sekdakab Sergai Drs. H. Haris Fadillah MSi, Ketua TP PKK Ny. Hj. Marliah Soekirman, Ketua GOPTKI Ny. Sri S. Syahrianto, Ketua DWP Ny. Hj. Imas Haris Fadillah, mewakili FKPD Sergai, mewakili BKKBN Provsu, para Kepala SKPD dan Camat se-Sergai, Ketua TP PKK Kecamatan, Pimpinan PT. Bank Sumut Cabang Sei Rampah, UPT Kecamatan, ibu-ibu PKK, para Kepala Sekolah serta remaja berprestasi yakni Dedi Swandi (Deswa) salah satu finalis Dangdut Akademi dan Reza Pahlevi Maldini Sitorus (anggota tim nasional sepakbola U-19).

Bupati Sergai Ir. H. Soekirman dalam sambutannya mengatakan bahwa dewasa ini permasalahan yang menonjol dikalangan remaja yakni perkawinan usia muda, kehamilan yang tidak diinginkan, seksualitas pra nikah, penyalahgunaan narkoba dan zat adiktif (Napza) yang dapat menimbulkan penyakit AIDS dari virus HIV serta rendahnya pengetahuan remaja tentang kesehatan reproduksi remaja.

Oleh karenanya Bupati H. Soekirman menyambut baik kegiatan Gebyar GenRe ini karena sebagai sarana sosialisasi untuk meningkatkan pemahaman, kesadaran, sikap dan perilaku positif khususnya remaja tentang Pendewasaan Usia Perkawinan (PUP).

Lebih lanjut disampaikan Soekirman bahwa dimasa era globalisasi dengan kecanggihan teknologi tentunya akan membawa dampak baik positif maupun negatif. Untuk mengatasi dampak yang negatif tentunya para remaja sebagai generasi penerus bangsa harus bisa menangkis segala macam hal-hal yang dapat merusak moral serta dituntut mempunyai bakat dan keahlian yang nantinya akan menciptakan generasi yang berwawasan dan berdaya saing.

Untuk itu Bupati H. Soekirman menghimbau kepada para remaja Sergai agar dapat mengasah bakat dan kemampuan sehingga melahirkan prestasi yang dapat menciptakan dan mengukir sejarah bagi daerah ini, salah satunya seperti Deswa dan Reza Pahlevi.

Diuraikan oleh Bupati Sergai bahwa satu kebanggaan bagi Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat ini sebagai salah satu Kabupaten di Provinsi Sumut yang dipercayakan melaksanakan Gebyar GenRe bersama 7 kabupaten/kota lainnya. Diantaranya Kabupaten Deli Serdang, Langkat, Tapanuli Tengah, Kota Pematang Siantar, Tebing Tinggi, Binjai dan Kota Medan.

Sebelumnya Ketua TP PKK Sergai Ny. Hj. Marliah Soekirman selaku Ketua Panitia melaporkan bahwa kegiatan Gebyar Genre ini bertujuan mendukung peringatan Hari Ulang Tahun Provsu ke 66 yang jatuh pada tanggal 15 April lalu serta meningkatkan pemahaman dan kesadaran, sikap dan perilaku positif masyarakat khususnya remaja tentang pendewasaan usia perkawinan melalui program GenRe.

Selain itu untuk mensosialisasikan dan mempromosikan pendewasaan usia perkawinan bagi remaja, meningkatkan kesadaran, tekad dan tanggung jawab remaja dalam rangka mewujudkan Penyiapan Kehidupan Berkeluarga bagi Remaja (PKBR) serta membentuk keluarga yang berdaya saing pada era global dimasa yang ajan datang, jelas Ny. Hj. Marliah.

Lebih lanjut Marliah Soekirman mengharapkan kepada para remaja di Kabupaten Sergai melalui kegiatan yang mengusung tema “Katakan tidak untuk menikah muda” ini dapat memberikan keyakinan bahwa menikah muda tidak lebih baik dari menikah pada usia 22 tahun bagi perempuan dan 25 tahun bagi laki-laki serta memberikan informasi yang tepat tentang kesehatan reproduksi dan pemahaman dan perilaku dalam upaya penundaan usia perkawinan.(ril/pu/ss/sbg)

Lihat Juga

Fakultas Teknik UMSU Lakukan Rekrutmen Staff

Medan | suarasumut.com  –  Fakultas Teknik UMSU menjalin kerjasama dengan Incasi Raya Group dan Gunas ...