Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Foto & Video ›› Bupati Resmikan Pemakaman Tuan Guru, Kampung Napompar Dinobatkan Jadi Tempat Wisata

Bupati Resmikan Pemakaman Tuan Guru, Kampung Napompar Dinobatkan Jadi Tempat Wisata

LABURA | suarasumut.com  – Bupati Labuhanbatu Utara H Kharuddin Syah SE menobatkan Kampung Napompar Tempat Wisata, penobatan itu dilakukan usai peresmian bangunan Makam Tuan Syekh Haji Aman Soleh Kiromat Muhammad Badawiyah, Minggu,  (30/4).

Haji Buyung sapaan Bupati Labura itu menceritakan Kampung Napompar yang berada di Desa Pematang Kecamatan Na-IX-X Labura merupakan kampung kesayanganya. “Kampung ini harus hidup, masyarakat harus kompak untuk beribadah dan menjaga kelestarian alamnya, melihat tempatnya yang sejuk, yaman sehingga dapat menciptakan ketenangan hidup, saya berpikir untuk membangun tempat Persulukan melanjutkan peribadahan Tuan Syekh Haji Aman Soleh Kiromat Muhammad Badawiyah,”ujarnya.

Dijelaskan Haji Buyung, sudah 3 kali jarah ke makam ini, pertama ziarahnya berniat akan membangun tempat pemakaman ini. Kalau menang lagi untuk kedua menjadi Bupati melayani masyarakat, ternyata Do’anya dikabulkan Allah Swt, untuk memimpin Labura periode kedua. “Maka niat saya itu saya laksanakan dengan membangun pemakaman Syekh Haji Aman Soleh Kiromat Muhammad Badawiyah, selain membangun pemakaman juga pelebaran dan perbaikan jalan ke pemakaman ini tidak membebani APBD,”kata Bupati.

Masih kata H Kharuddin Syah SE, Dusun Napompar ini menjadi kampung kesayangannya, maka mari sama-sama kita lestarikan tempat ini, karena merupakan tempat wisata apa lagi daerah ini dingin, sejuk dan asri untuk menjaga keasrian dan kesejukan ini diminta kepada masyarakat jangan menanam pohon kelapa sawit. “Kampung Napompar ini akan kita jadikan tempat wisata,”jelasnya.

Kemudian masalah lampu /PLN akan diusulkan dan sudah dibicarakan dengan pihak PLN, kampung ini akan diberi nama Wisata Napompar.

Sebelumnya, Tokoh masyarakat Jalaluddin Hasibuan, menyampaikan bahwa Bupati ini bagi mereka adalah ayah kandung, karena berkat Haji Buyung lah Kampung Napompar Desa Pematang ini terbuka dan mengangkut hasil petani keluar tidak susah lagi, dan lebih maju lagi sejak kepemimpinannya. “Kami mendo,a kan agar bapak Bupati Labura dapat memimpin Provinsi Sumut kedepan,”harapnya.

Dikesempatan itu, Jalaluddin menyampaikan sejarah kehidupan Tuan Syekh Haji Aman Soleh Kiromat Muhammad Badawiyah. Dalam penjelasan itu beliau merupakan pembuka Kampung Napompar yang merupakan penghulu balang dan panglima perang, sembari mengenalkan anak keturunan Tuan Syekh Haji Aman Soleh Kiromat Muhammad Badawiyah.

Dilokasi, Camat Na IX-X Sukamto SE mengatakan, pembangunan pemakaman dan pembuatan serta pelebaran jalan dimulai pada bulan Maret yang lalu. Pembangunan ini dikerjakan bersama-sama dan dukungan masyarakat sehingga dapat terwujud. Namun harapnya lagi, perlu perhatian masyarakat untuk merawat bangunan yang sudah ada, apa lagi daerah ini sebagai tempat wisata yang memungkinkan alam dan lingkungan yang lestari dan indah dengan alam nya yang masih alami.

Dalam acara peresmian bangunan Pemakaman Tuan Syekh Haji Aman Soleh Kiromat Muhammad Badawiyah ini di hadiri para Tuan Guru, Camat Na IX-X Sukamto SE dan Camat Kulauh Selatan yang merupakan mantan Camat Na IX-X Samsul Tanjung, sejumlah Kepala Desa, tokoh agama dan masyarakat serta sejumlah pimpinan SKPD.(kf/ss-lu)

Kata kunci terkait:
mati lampu rantau prapat 7 mei 2017, Peresmian tempat wisata oleh Bupati

Lihat Juga

Sosialisasi Seleksi, Pembinaan Calon Anggota Polri, Polres Tapteng MoU Dengan Pemkab

Tapteng | suarasumut.com –  Melahirkan serta meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) bagi generasi muda Tapanuli ...