Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Foto & Video ›› Bupati Nias Teken Perjanjian Kinerja Dengan Kepala SKPD

Bupati Nias Teken Perjanjian Kinerja Dengan Kepala SKPD

Nias | suarasumut.com — Bupati Nias Drs.Sokhiatulo Laoli, MM lakukan penandatanagan perjanjian kinerja dengan kepala perangkat daerah, Camat, dan Kepala Bagian di lingkungan Pemerintah Kabupaten Nias.

Penandatangan perjanjian kinerja anatar Bupati Nias dengan Kepala Perangkat daerah, Camat dan kepala Bagian dilakukan di ruang rapat, lantai III, kantor Bupati Nias, Desa Ononamolo I Lot, Kecamatan Gunungsitoli Selatan, Kota Gunungsitoli, Selasa (21/3).

Pada acara yang dihadiri Sekretaris Daerah, Staf Ahli dan Asisten Sekda Kabupaten Nias, Bupati Nias Drs.Sokhiatulo Laoli, MM mengatakan, penandatanganan perjanjian kinerja merupakan tindaklanjut Peraturan Presiden Nomor 29 Tahun 2014 tentang Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP).

Juga Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Nomor 53 Tahun 2014 tentang petunjuk teknis perjanjian kinerja, pelaporan kinerja dan tata cara reviu atas laporan kinerja Instansi Pemerintah.

Tujuan penandatanganan perjanjian kinerja merupakan bentuk komitmen atau Ikrar/Janji Kepala Perangkat Daerah seKabupaten Nias kepada Bupati Nias untuk melaksanakan program dan kegiatan sesuai target kinerja yang tercantum dalam dokumen perencanaan Tahun 2017 dengan memberdayakan sumber daya yang ada di instansinya.

“Perjanjian ini merupakan bahan bagi saya sebagai Bupati Nias melakukan monitoring, serta evaluasi atas perkembangan/kemajuan kinerja, serta sebagai dasar penilaian keberhasilan atau kegagalan dalam mencapai tujuan dan sasaran perangkat daerah,” ujar Bupati Nias.

Tidak lupa dia juga menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada seluruh kepala perangkat daerah atas komitmennya, sehingga percepatan kerja pada tahun 2017 dapat berjalan dengan baik sesuai semboyan Pemerintah Kabupaten Nias yakni Profesional, Akuntabel, Senergi, Transparan, Inovatif (PASTI) dan Kreatifitas, Inovatif Dan Sinergitas (KIS).

Menurut Bupati Nias, beberapa hal yang menjadi prioritas adalah menjadwalkan berkantor dan melaksanakan tugas pelayanan di masing-masing kecamatan se-kabupaten nias secara bergantian. Camat seKabupaten Nias untuk menjadwalkan berkantor dan melaksanakan tugas pelayanan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan di masing-masing desa di wilayah masing masing secara bergantian.

Para asisten sekretariat daerah Kabupaten Nias secara periodik diharapkan setiap bulan berkenaan melaksanakan rapat koordinasi dengan perangkat daerah yang dibidangi sebagai wahana untuk mendapatkan ide ide konstruktif dalam percepatan kerja dan mencari solusi atas kendala-kendala yang dihadapi.

Seluruh perangkat daerah diharapkan menerapkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 13 Tahun 2006 tentang pedoman pengelolaan keuangan daerah, sebagaimana telah diubah beberapa kali terakhir dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 21 Tahun 2011 tentang perubahan kedua atas peraturan menteri dalam negeri nomor 13 tahun 2006 tentang pedoman pengelolaan keuangan daerah.

Diamanatkan kepala perangkat daerah wajib menutup buku kas umum sekurang-kurangnya sekali dalam tiga bulan dan memeriksa kas sekali dalam satu bulan. Hal tersebut dilakukan sebagai rentang kendali bagi Kepala Perangkat Daerah dalam pengelolaan keuangan dan penyerapan anggaran di masing-masing instansinya.(al/ss-ni)

Lihat Juga

Kapolres Akan Lidik Dugaan Penyelewengan Dana BPBD Labuhanbatu

Rantauprapat | suarasumut.com  –  Isu yang menerpa Kepala Badan (Kaban) Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten ...