Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Bisnis & Ekonomi ›› Bupati Nias Resmikan Kampung KB

Bupati Nias Resmikan Kampung KB

Nias | suarasumut.com — Bupati Nias Drs.Sokhiatulo laoli, MM resmikan kampung KB. Peresmian kampung KB dilakukan Bupati Nias pada kunjungannya di Desa Somi Botogo’o, Kecamatan Gido, kabupaten Nias, Selasa (14/9).

Pada acara peresmian kampung KB yang ditandai dengan pemukulan gong, Bupati Nias Drs. Sokhiatulo Laoli, MM mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Nias mengapresiasi dan responsif terhadap kampung KB.

Dia berharap kepada seluruh SKPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Nias agar mendukung sepenuhnya program tersebut, serta mengambil bagian dalam membina/memberdayakan masyarakat desa Somi Botogo’o sebagai kampong KB sesuai dengan bidang masing-masing supaya lebih nyata perubahannya menuju arah lebih baik.

“Kepada masyarakat desa Somi Botogo’o dan Kelompok Kerja (POKJA) kampong KB Somi Botogo’o, saya harapkan agar responsive dan siap menerima Program Kampung KB ini. Patut disyukuri, karena desa Somi Botogo’o terpilih sebagai kampong KB di Kabupaten Nias tahun 2016 ini. Jangan kita sia-siakan mari kita ambil manfaatnya,”ucap Bupati Nias.

Di tempat yang sama, Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Provinsi Sumatera Utara memberitahu, program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) di fokuskan pada masyarakat kurang mampu dan masyarakat yang tidak memiliki akses terhadap fasilitas kesehatan.

Dengan pencanangan Kampung KB, program KB diharapkan akan dapat bergema kembali dan menjangkau masyarakat terutama yang berada di desa, dusun, wilayah padat penduduk, dan wilayah miskin terpencil.

Menurut dia, program KKBPK dan berbagai kegiatan prioritas didalamnya senantiasa diarahkan untuk mewujudkan Nawa Cita, terutama pada agenda prioritas ke-3, yaitu Membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka Negara Kesatuan.

Agenda prioritas ke-5, yaitu meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia, dan agenda prioritas ke-8, yaitu melakukan revolusi karakter bangsa.

Upaya mendukung perwujudan Nawa Cita, khusus ketiga agenda prioritas tersebut, dilaksanakan diantaranya melalui pemberian Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Dana Bantuan Operasional KB (BOKB) subbidang KB, pelaksanaan komunikasi, informasi, dan edukasi (KIE) KKBPK kepada masyarakat.

Penyelenggaraan pelayanan KB bagi keluarga kurang mampu, pemberian fasilitasi bagi keluarga yang memiliki Balita, Remaja dan Lansia, serta pemberian edukasi dan advokasi tentang Kesehatan Reproduksi Remaja (KRR), Triad KRR (pernikahan dini, seks pranikah, narkoba), serta perencanaan pendidikan, pekerjaan, pernikahan, keluarga hidup sehat, partisipasi dalam masyarakat bagi remaja melalui Program Generasi Berencana (GenRe).(al/ss-ni)

Lihat Juga

Bupati Pangonal: Satpol PP Yang Tidak Terindikasi Narkoba, Kontraknya Diteruskan

Rantauprapat | suarasumut.com  –  Upaya peningkatan pelatihan tekhnis operasi pada Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol ...