Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Headline ›› Bupati Nias: Pendidikan Telah Membuka Mata Dan Kesadaran

Bupati Nias: Pendidikan Telah Membuka Mata Dan Kesadaran

Nias, suarasumut.com — Bupati Nias Drs.Sokhiatulo Laoli, MM mengatakan, pendidikan telah membuka mata dan kesadaran anak anak muda untuk membangun sebuah negeri bhineka yang modern.

Sebuah negara yang berakarkan adat dan budaya bangsa nusantara, beralaskan semangat gotong royong, tapi tetap mengedepankan dan menumbuh kembangkan prinsip kesejajaran dan kesatuan sebagai sebuah negara modern.

Hal tersebut disampaikan Bupati Nias Drs.Sokhiatulo Laoli, MM saat membaca sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Anies Baswedan pada upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional yang digelar di Kecamatan Bawalato, Kabupaten Nias, Sabtu (2/5).

“ Pendidikan telah membuka pintu wawasan, menyalakan cahaya pengetahuan, dan menguatkan pilar ketahanan moral. Untuk itu, peringatan Hari Pendidikan Nasional mengambil tema “ Pendidikan sebagai Gerakan Pencerdasan dan Penumbuhan Generasi Berkarakter Pancasila‟, Ujar Bupati Nias.

Dia menambahkan, Kata kunci dari tema tersebut adalah “Gerakan”. Artinya, Pendidikan harus dipandang sebagai ikhtiar kolektif seluruh bangsa. Karena itu, pendidikan tidak bias dipandang sebagai sebuah program semata.

Semua elemen masyarakat harus diajak untuk terlibat, kita mendorong pendidikan menjadi gerakan semesta, yaitu gerakan yang melibatkan seluruh elemen bangsa.

Diaman masyarakat merasa memiliki, pemerintah memfasilitasi, dunia bisnis peduli, dan ormas/LSM mengorganisasi. Berbeda dengan sekadar program yang perasaan memiliki atas kegiatan hanya terbatas pada para pelaksana program.

Bupati menghimbau untuk mengajak semua pihak untuk merasa peduli, merasa memiliki atas problematika pendidikan agar semua bersedia menjadi bagian dari ikhtiar untuk menyelesaikan problematika. (sw/ss/ni)

Lihat Juga

Cegah Mismatch Menahun, BPJS Kesehatan Diminta Koreksi Diri

Jakarta | suarasumut.com  –  Anggota Komisi IX Irma Suryani mengibaratkan defisit yang dialami Badan Penyelenggara ...