Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Headline ›› Bupati Nias Berharap Forum SKPD Jadi Wadah Penampung Aspirasi

Bupati Nias Berharap Forum SKPD Jadi Wadah Penampung Aspirasi

Nias | suarasumut.com — Bupati Nias Drs.Sokhiatulo Laoli, MM berharap forum SKPD bisa menjadi salah satu wadah penampungan dan penjaringan aspirasi masyarakat, dan dunia usaha untuk penyempurnaan rancangan kebijakan penyusunan renja SKPD. Sehingga forum SKPD dapat menghasilkan keputusan terbaik bagi kepentingan masyarakat banyak diatas kepentingan individu atau golongan.

Hal tersebut disampaikan Bupati Nias Drs.Sokhiatulo Laoli, MM ketika membuka secara resmi forum SKPD bidang infrastruktur tahun 2017 yang digelar di kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Penata Ruang Kabupaten Nias, Desa Fodo, Kecamatan Gunungsitoli Selatan, Kota Gunungsitoli, Senin (20/3).

Pada acara yang dihadiri Ketua dan segenap Anggota DPRD Kabupaten Nias, Bupati Nias Drs. Sokhiatulo Laoli, MM juga mengatakan bahwa pelaksanaan forum SKPD merupakan rancangan awal rencana kerja pemerintah daerah (RKPD).

Kemudian akan disiapkan oleh Kepala Bappeda dalam memuat rancangan kerangka ekonomi daerah, prioritas pembangunan daerah, rencana kerja dan pendanaannya baik yang langsung dilaksanakan oleh pemerintah daerah maupun ditempuh dengan mendorong partisipasi masyarakat dengan mengacu kepada rencana kerja pemerintah.

“Hal ini menunjukan pendekatan perencanaan menggunakan sistem perencanaan bawah atas (Bottom-Up Planning) berdasarkan Asas Demokratisasi Dan Desentralisasi, serta dapat menjadi ajang untuk menghimpun dan melahirkan ide ide cemerlang demi kemajuan Pembangunan Nias yang kita cintai,”ujar Bupati Nias.

Kepada seluruh peserta forum, tidak lupa dia berharap untuk menyampaikan pendapat, gagasan dan kontribusi pemikiran yang positif atas dasar prinsip kesetaraan. Semua pihak juga menurut dia memiliki kewajiban yang setara untuk mendengarkan pandangan orang lain, menghargai perbedaan pendapat dan juga menjunjung tinggi hasil keputusan bersama sehingga dapat menghasilkan keputusan terbaik bagi kepentingan masyarakat banyak diatas kepentingan individu atau golongan.

Khususnya kepada camat ataupun delegasi kecamatan, dia berharap kiranya dapat mengikuti forum dengan penuh keseriusan dan aspiratif, guna mengawal usulan yang telah dirumuskan dalam musrenbang Kecamatan.

“Proses perencanaan pembangunan sejak musrenbang Desa, musrenbang Kecamatan dapat disampaikan dalam Forum ini, seperti usulan program / kegiatan tahun 2018 yang telah disampaikan baik dari hasil Musrenbang Kecamatan maupun hasil reses anggota DPRD Kabupaten Nias. Hal tersebut akan dibahas pada Musrenbang Kabupaten dengan mempertimbangkan prioritas pembangunan dan kemampuan keuangan daerah,”ungkap Drs.Sokhiatulo Laoli, MM.

Untuk program/kegiatan prioritas yang memerlukan sinkronisasi, menurut Bupati Nias, koordinasi dan konsultasi lebih lanjut dilakukan dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan kementerian/lembaga. Tujuannya, supaya diselaraskan dengan arah kebijakan SKPD Provinsi Sumatera Utara dan kementerian/lembaga sesuai kewenangannya masing-masing sebelum pelaksanaan Musrenbang provinsi dan Musrenbang nasional.

Sebelumnya, koordinator Forum SKPD bidang infrastruktur Viktor Sunardin Waruwu ST MM memberitahu, Forum membahas prioritas kegiatan pembangunan hasil Musrenbang Kecamatan Dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah sebagai upaya mengisi rencana kerja SKPD Teknis Pengelola Infrastruktur dengan mempertimbangkan prioritas Pembangunan Dan Kemampuan Keuangan Daerah.

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional Mengamanatkan bahwa penyusunan dokumen perencanaan pembangunan oleh pemerintah, baik yang bersifat jangka tahunan, menengah maupun jangka panjang, dilakukan melalui beberapa pendekatan. Diantaranya adalah pendekatan Teknoratis, Politis, Botom-Up, Top Down dan Pendekatan Partisipatif,”papar koordinator forum.(al/ss-ni)

Lihat Juga

Terkait Mau Tampar Anggota, Kadis Pendidikan Akan Nasehati Oknum KUPT Ransel

Rantauprapat | suarasumut.com  –  Terkait ocehan Oknum Kepala Unit Pelaksana Tehnik (KUPT) Dinas Pendidikan,Kecamatan Rantau ...