Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Foto & Video ›› Bupati Launching E-Government Pemkab Taput

Bupati Launching E-Government Pemkab Taput

Tarutung | suarasumut.com  –  Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan, M.Si luncurkan Aplikasi E-Government Pemkab Tapanuli Utara bertempat di Gedung Kesenian Sopo Partungkoan, Tarutung (2/11).

Peluncurakan aplikasi ini terdiri dari E-Perijinan (E-Marsada) dan E-Planning (E-Martahi) yang juga dihadiri oleh Ketua Tim Koordinator dan Supervisi Pencegahan (Korsupgah) KPK RI Adlinsyah M. Nasution, Bupati Tobasa Darwin Siagian dan Bupati Humbahas/diwakili, Ketua DPRD Ottoniyer Simanjuntak dan Rektor Institut Teknologi DEL Laguboti Togar Simatupang.

“Saya berharap setelah dibangunnya aplikasi ini akan mampu memberikan pelayanan yang lebih baik dan lebih transparan sehingga masyarakat Taput akan semakin sejahtera,” awal sambutan Bupati.

Bupati juga menjelaskan keseriusan Pemkab Taput dalam menyujudkan ‘good ang clean government’ serta berharap dalam waktu dekat segera dibangun lagi 3 aplikasi e-government yang juga sangat dibutuhkan sehingga pembangunan sektor lain juga dapat dibenahi.

“Saya minta agar OPD terkait lebih serius sehingga apa yang kita laksanakan ini bukan hanya sekedar ‘lips service’ karena masyarakat harus benar-benar merasakan keberadaan Pemkab Taput,” akhir sambutan Bupati.

Selanjutnya dilaksanakan paparan dan demo aplikasi oleh tim IT Del Laguboti terkait nilai positif dan keuntungan daripada penggunaan E-Martahi dan E-Marsada.

Diantaranya adalah melalui E-Marsada akan memudahkan masyarakat dan pemohon dalam pengurusan perijinan dimana pada setiap kecamatan akan memiliki operator.

Dalam kesempatan sebelumnnya, Ketua Tim Satgas Korsupgah KPK mengucapkan selamat atas peluncuran e-planning dan e-perijinan Pemkab Taput.

“Suatu prestasi yang sangat membanggakan karena Taput merupakan daerah ke-2 di Sumut yang telah menerapkan e-government,” ucap Nasution.

Adliansyah juga menegaskan perlunya e-government yang mampu memberikan efisiensi dan sinkronisasi antara perencanaan dan penganggaran serta pelayanan perijinan yang benar-benar satu pintu.

“Diperlukan perhatian khusus yang berkesinambungan dalam proses pelaksanaannya setelah peluncuran pelayanan online ini dan saya melihat aplikasi ini sudah maksimal, tinggal diperlukan optimalisasi fungsi serta perlu saya sampaikan bahwa tujuan KPK lebih mengutamakan pencegahan tindak korupsi,” akhir arahan Adlinsyah Nastion.

Selanjutnya, dilaksanakan pemukulan gong oleh Adlinsyah Nasution sebagai tanda resminya peluncuran aplikasi dan dilanjutkan dengan penandatanganan Berita Acara E-Government.

Usai acara peluncuran, Bupati bersama Ketua Tim Satgas KPK dan didampingi para Asisten, Pimpinan OPD/Unit Kerja meninjau langsung kelengkapan dan kesiapan Badan Perijinan dalam melaksanakan pelayanan secara online.(pr/ss-tu)

Lihat Juga

Potensi Pasar Kentang Goreng Indonesia, Belgia Lirik Indonesia Sebagai Pasar Ekspor Utama Di Asia Tenggara

Jakarta | suarasumut.com – Industri makanan dan minuman di Indonesia tumbuh positif di sepanjang tahun ...