Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Bisnis & Ekonomi ›› Bupati Labuhanbatu Temu Ramah Dengan Para Nelayan Di Panai Tengah

Bupati Labuhanbatu Temu Ramah Dengan Para Nelayan Di Panai Tengah

Labuhanbilik, suarasumut.com – Kadis Kelautan, Perikanan dan Peternakan Labuhanbatu Ir. H Leo Sunarta, M.MA bersama Unsur Muspida plus ikut mendampingi Bupati dalam acara temu ramah bersama nelayan dan masyarakat Labuhanbilik Kecamatan Panai tengah .

Temu ramah yang bertujuan untuk mempererat silaturrahmi antara Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu dengan para Nelayan dan Masyarakat Kecamatan Panai Tengah ini, Bupati Labuhanbatu dr H Tigor Panusunan Siregar, SpPD dalam kesempatan itu mengatakan, kita tak menutup mata bahwa pembangunan di daerah pantai jauh lebih baik dari pembangunan di daerah perkotaan.

Faktor kesadaran masyarakat pantai maka pembangunan bisa diselesaikan secara perlahan, dan perlu diinformasikan bahwa di daerah pantai ini jalannya tidak cocok diaspal, karena kalau diaspal mungkin satu tahun sudah rusak, yang paling cocok adalah dengan melakukan cor beton seperti jalan yang didepan lapangan bola ini, kalau diaspal pasti cepat rusak, jelas Tigor.

Lebih lanjut dikatakan Tigor, bila masyarakat ingin Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu membangun SMA atau SMK di Panai Tengah ini, maka masyarakat harus menyediakan tanahnya minimal 1 Ha dan saya sebagai Bupati siap membangunnya untuk kemaslahatan umat biar anak-anak kita bisa sekolah dan menuntut ilmu dengan baik.

Khusus kepada para nelayan yang telah mendapatkan bantuan kapal dari Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu, Tigor juga mengingatkan, pandai-pandailah berhemat untuk dapat membeli kapal kembali, karena kapal bantuan tersebut saya perkirakan akan rusak pada tahun 2020 mendatang, maka sebelum tahun tersebut dan kapal itu rusak serta tidak terpakai lagi, tentu para nelayan mulai sekarang harus berhemat dan menabung, namun demikian bila ada uang Pemkab tersedia maka akan kita gantikan dengan mesin yang lebih besar sehingga dapat berlayar jauh dengan hasil tangkapan yang memuaskan.

Disamping itu Tigor juga menghimbau kepada para nelayan yang baru saja menerima surat kapal, asuransi nelayan dan kartu nelayan. “Kiranya dapat dijaga dan dipergunakan dengan baik, sehingga pada waktu surat, ansuransi dan kartu tersebut dibutuhkan masih tetap dalam keadaan baik dan bermanfaat, apakah saat sedang berlayar mencari ikan atau pun saat ditimpa musibah,” jelasnya.

Kepala Dinas Kelautan, Perikanan dan Peternakan Kabupaten Labuhanbatu Ir. H Leo Sunarta, M.MA dalam laporannya menjelaskan, bahwa acara temu ramah Bapak Bupati Labuhanbatu dengan nelayan dan masyarakat Kecamatan Panai Tengah ini adalah dalam rangka meningkatkan hubungan silaturrahmi antara nelayan dan masyarakat dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Labuhanbatu. Diharapkan pelaksanaan acara ini dapat menumbuhkan rasa kekeluargaan yang lebih erat sehingga meningkatkan persatuan dan kesatuan antara masyarakat dengan Pemerintah Daerah. Dengan tumbuhnya rasa persatuan dan kesatuan maka keberlanjutan pembangunan Kabupaten Labuhanbatu dapat terlaksana.

Selain itu temu ramah ini juga merupakan ucapan rasa syukur dan terimakasih masyarakat terutama para nelayan kepada Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu atas bantuan yang telah diterima oleh nelayan Kecamatan Panai Tengah dan bantuan yang diberikan tersebut mereka rasakan sangat bermanfaat dalam meningkatkan hasil tangkapan serta pendapatan mereka, ungkap Leo Sunarta.

Lebih lanjut Kadis Kelautan, Perikanan dan Peternakan itu menjelaskan, bahwa dalam acara ini juga akan diserahkan kepada 11 orang Kelompok Nelayan dari Desa Sei Merdeka Kecamatan Panai Tengah, yaitu surat-surat kapal untuk 11 unit kapal bantuan tahun 2013 yang terdiri dari Pas kecil kapal penangkap ikan, Sertifikat kelaikan dan pengawakan kapal penangkap ikan, SKK 30 Mil (surat keterangan kecakapan) dan Surat izin usaha perikanan.

Kemudian, pada kesempatan ini juga akan diserahkan Asuransi Nelayan yang berasal dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara sebanyak 56 Asuransi yang secara simbolis diserahkan kepada 5 orang nelayan, selanjutnya akan diserahkan juga Kartu Nelayan sebanyak 183 kartu yang secara simbolis diserahkan kepada 5 orang nelayan, jelas Leo Sunarta dalam laporannya.

Dasril Muis tokoh masyarakat Kecamatan Panai Tengah dalam sambutannya pada acara temu ramah itu mengungkapkan, kalau kita lihat masa lalu Kecamatan Panai Hulu, Panai Tengah dan Panai Hilir sangat jauh dari sentuhan pembangunan, kemudian dimasa kepemimpinan pak Tigor sebagai Bupati Labuhanbatu, Kecamatan Panai Tengah bergerak seperti bangkit dari mimpi dan pembangunan pun bergerak diberbagai sektor, baik itu dibidang pertanian, ekonomi, infrastruktur, kesehatan maupun pendidikan.

“Ini semua harus kita syukuri dan kita pertahankan, karena dari data serta pembangunan yang kami lihat sendiri, sudah barang tentu wajar dan pantas kita semua untuk berjuang melanjutkan pembangunan yang diprogramkan pak Tigor tetap berkesinambungan sampai tahun 2020,” harap Dasril Muis.

Sedangkan, atasnama para nelayan Sofyan Safi’i didampingi Muchtar Ritonga mengucapkan terimakasih kepada bapak Bupati Labuhanbatu yang telah menyerahkan bantuan kepada kami, dengan bantuan kapal tersebut kami dapat mencari nafkah untuk keluarga dan ekonomi keluarga kami dapat lebih meningkat dari tahun-tahun sebelumnya.

Sebelum acara temu ramah dilaksanakan Bupati Labuhanbatu dr H Tigor Panusunan Siregar, SpPD di Kantor Camat Panai Tengah telah memberikan sejumlah KTP Gratis kepada warga masyarakat dan pelajar yang disaksikan Kadis Kepndudukan dan Catatan Sipil Drs. Edy Gani Ginting serta Camat Panai Tengah H Agustiar. (ta/ss/lb)

Kata kunci terkait:
Nelayan Labuhanbatu Dapat Bantaun

Lihat Juga

Sosialisasi Seleksi, Pembinaan Calon Anggota Polri, Polres Tapteng MoU Dengan Pemkab

Tapteng | suarasumut.com –  Melahirkan serta meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) bagi generasi muda Tapanuli ...