Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Bisnis & Ekonomi ›› Bupati Labuhanbatu Panen Raya Padi Di Sei Jawi-Jawi Dan Sei Baru

Bupati Labuhanbatu Panen Raya Padi Di Sei Jawi-Jawi Dan Sei Baru

Panai Hulu, suarasumut.com – Bupati Labuhanbatu dr.H.Tigor Panusunan Siregar,Sp PD memberikan apresiasi kepada seluruh kelompok tani dan masyarakat yang masih mempertahankan lokasi persawahan dengan bertanam padi.

Hal ini disampaikan Tigor dalam acara panen raya yang digelar di dua desa, desa sei jawi -jawi Kecamatan Panai Hulu dan desa sei baru Kecamatan Panai Hilir selasa 10/2 bersama unsur Muspida plus Kabupaten Labuhanbatu.

Dalam pidatonya di depan masyarakat dan kelompok tani, Tigor menyampaikan apresiasinya yang setinggi-tingginya kepada koptan dan masyarakat yang masih mempertahankan areal pesawahannya untuk ditanami padi.

Menurutnya, saat ini alih fungsi areal pesawahan untuk tanaman padi sangat tinggi, sehingga berdampak pada penurunan produktivitas tanaman padi, oleh karena itu untuk mengantisipasi hal tersebut Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pertanian RI yang bekerjasama dengan TNI (Tentara Nasional Indonesia) berupaya mendongkrak tanaman pangan khususnya padi dengan peningkatan indeks pertanaman (IP) dari 100 menjadi 200 serta pertambahan produksi 10 kwintal atau setara dengan pertambahan produksi 1 ton/ha.

Tigor sangat antusias bila dengan meluncurkan kegiatan gerakan penerapan pengelolaan tanaman terpadu (GT PTT) , bantuan benih, bantuan ALSINTAN , pupuk bersubsidi, pestisida juga perbaikan irigasi dapat meningkatkan produkai padi kedepannya, Tigor juga berharap kepada petani padi untuk tidak mengalih fungsikan areal pesawahannya, karena komoditi tanaman pangan merupakan komoditi politik, yang apabila produksinya berkurang maka akan terjadi kerawanan pangan dan berdampak pada terganggunya stabilitas nasional.

Tigor juga menyadari akan keresahan yang dialami petani sektor tanaman pangan khususnya padi, dimana saat ini harga komoditi pangan masih sangatlah rendah dibanding sektor Perkebunan, namun kalau dianalisa secara ekonomi budidaya, tanaman pangan khususnya padi bisa juga menguntungkan bila dikelola melalui penerapan tehnologi.

Dan untuk mensukseskan program ini, Tigor akan mengintruksikan kepada Kepala Kantor Informasi Penyuluh Pertanian Labuhanbatu untuk lebih mengefektifkan kinerja PPL guna mendukung GP PTT ini.(ta/ss/lb)

Lihat Juga

Terkait Mau Tampar Anggota, Kadis Pendidikan Akan Nasehati Oknum KUPT Ransel

Rantauprapat | suarasumut.com  –  Terkait ocehan Oknum Kepala Unit Pelaksana Tehnik (KUPT) Dinas Pendidikan,Kecamatan Rantau ...