Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Bisnis & Ekonomi ›› BPPP Medan Kembangkan Bakat Perempuan Tapteng, Marianus : Menghadapi MEA, Perempuan Tapteng Akan Optimis Menghadapi Dunia Global

BPPP Medan Kembangkan Bakat Perempuan Tapteng, Marianus : Menghadapi MEA, Perempuan Tapteng Akan Optimis Menghadapi Dunia Global

Tapteng, suarasumut.com  –  Balai Pendidikan Pelatihan Perikanan (BPPP) Medan laksanakan kompetensi bidang pengelolaan hasil perikanan di kantor Dinas Kelautan dan Perikanan kabupaten Tapanali Tengah, Senin (14/9) di Pandan. Ketua panitia penyelenggara BPPP Medan Marianus mengatakan, tujuan terlaksananya ujian kompetentsi bagi kaum hawa ini sangat mendorong untuk menciptakan masyarakat Tapteng menjadi sejahtera dan mandiri kedepannya.

“Teori dan praktek ini berlangsung selama satu minggu, dari tanggal 10 sampai 15 september 2015. Nah, disini kita para ibu-ibu dididik untuk mengelolah bumbu abon yang bahannya dari ikan,”terang Marianus.

Diungkapkan Marianus, dari hasil pendidikan sangat bertujuan bagi masyarakat Republik Indonesia baik pembudidayaan ikan lainya. Maka itu, lanjut Marianus tentu masyarakat Tapteng akan siap bersaing di dunia global yang berkompeten.

“Bagi ibu-ibu yang mengikuti ini akan mendapat sertifikat tanda tamat pelatihan (bagi yang berkompeten) kemudian akan mendapat lagi sertifikat Uji Kompetensi yang diterbitkan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) melalui Lembaga Sertifikasi Kelautan dan Perikanan (LSKP), asesor kompetensi yang menguji, tidak boleh yang melatih,”bebernya.

Menurut Marianus, jika ibu yang berkompeten ini punya modal, tentu akan menjadi peluang usaha bagi ibu ibu rumah tangga, bahkan juga akan mendapat peluang pekerjaan dari perusahaan atas dasar sertifikat yang dimiliki.

“Disini kita mengajak pemkab Tapteng melalui Dinas Kelautan dan Perikanan untuk bekerjasama mengembangkan dan mempertahankan kreatifitas, sikap kritis, rasa percaya diri, serta kewirausahaan bagi para kaum perempuan dari masing-masing bakatnya,”harapnya.

Ditambah Marianus, tidak lama lagi Republik Indonesia akan menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).Menaggapi itu kata Marianus, BPPP Medan merasa terpanggil atas usulan yang di plot dari Dinas Kelautan dan Perikanan Tapteng.

“Beragam jenis yang dikelolah ibu-ibu dalam minggu ini, mulai dari snack isi abon, surimi nagket dawet, Kukis isi ikan abon, dan terakhirnya uji kompetensi penyerapan fasilitasi higenis, dan yang lainnya,”tutur Maria.(ph/ss/tt)

Lihat Juga

Cegah Mismatch Menahun, BPJS Kesehatan Diminta Koreksi Diri

Jakarta | suarasumut.com  –  Anggota Komisi IX Irma Suryani mengibaratkan defisit yang dialami Badan Penyelenggara ...