Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Headline ›› BPP LSM PMP Soroti Proporsionalitas Dan Profesionlitas Badan Kehormatan DPRD

BPP LSM PMP Soroti Proporsionalitas Dan Profesionlitas Badan Kehormatan DPRD

Rantauprapat, suarasumut.com – Sudah 2 minggu Badan Pengurus Pusat Lembaga Swadaya Masyarakat Patriot Merah Putih (BPP LSM PMP) mengadukan dugaan pelanggaran kode etik pimpinan DPRD Labuhanbatu yang diketuai Dahlan Bukhori, namun Badan Kehormatan belum juga menindaklanjutinya. Tak pelak, profesionlitas dan proporsionalitas Badan Kehormatan DPRD itu menjadi sorotan BPP LSM PMP yang diketuai Nurdin Sipahutar SH.

Kepada suarasumut.com, Selasa (17/3), Ketua BPP LSM Patriot Merah Putih, Nurdin Sipahutar SH menyebutkan, adanya pengaduan masyarakat atas dugaan pelanggaran kode etik pimpinan DPRD yang menyerobot tugas Komisi merupakan bentuk dukungan atas tugas dari Badan Kehortaman DPRD. Sebab, lanjut Nurdin Sipahutar, dugaan planggaran kode etik dapat dilakukan tanpa aduan dari masyarakat.

“Penyerobotan tugas Komisi oleh pimpinan DPRD Labuhanbatu diketuai Dahlan Bukhori diketahui langsung oleh seluruh anggota DPRD. Tanpa pengaduan masyarakat-pun, Badan Kehormatan dapat menggunakan kewenangannya memanggil pimpinan DPRD yang menyerobot tugas Komisi,” kata Nurdin Sipahutar.

Namun faktanya, lanjut Nurdin Sipahutar, hingga berbulan-bulan penyerobotan tugas Komisi oleh pimpinan DPRD tersebut tidak diselidiki oleh Badan Kehormatan. Menurut Nurdin, anggota DPRD yang berada di Badan Kehormatan harus paham asas proporsionalitas dan profesionalitas tugas dan kewenangannya.

“Jauh hari sebelum adanya pengaduan masyarakat, suatu kejanggalan bagi kami jika Badan Kehormatan tidak mengetahui indikasi pelanggaran kode etik oleh pimpinan DPRD. Mencuatnya penyerobotan tugas Komisi kepada public melalui media masa, baik cetak maupun elektronik menunjukan Badan Kehormatan DPRD Labuhanbatu kurang memahami asas proporsionalitas dan profesionalitas tugas dan kewenangannya,” jelas Nurdin Sipahutar dengan wajah berkerut.

Secara terpisah Ketua Badan Kehormatan DPRD Labuhanbatu, Mara Abidin saat dikofirmasi melalui selulernya mendalihkan kegiatan reses sebagai dasar tertundanya proses pengaduan dugaan pelanggaran kode etik pimpinan DPRD yang diketuai Dahlan Bukhori.

Dia menyebutkan, mereka akan melakukan rapat Badan Kehormatan esok hari atas pengaduan tersebut. “Saat ini masih masa kegiatan reses. Undangan kepada anggota Badan Kehormatan sudah dibuat, besok akan kita rapatkan dan selanjutkan ditindaklanjuti kepada Fraksi dan teradu,” kata Mara Abidin singkat. (ls/ss/lb)

Lihat Juga

MUI Dan Polisi Berperan Sebagai Pemersatu Bangsa

Padangsidimpuan | suarasumut.com – Peran serta ulama dan instansi kepolisian menjadi modal utama untuk menyatukan ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.