Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Kabar Sumut ›› Dairi ›› BPJS Ketenagakerjaan Lakukan Sosialisasi Kepada PNS & Non PNS

BPJS Ketenagakerjaan Lakukan Sosialisasi Kepada PNS & Non PNS

Sidikalang, suarasumut.com – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Siantar melakukan sosialisasi program BPJS Ketenagakerjaan kepada Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kabupaten Dairi di Balai Budaya,Kantor Bupati,Sidikalang,Kamis(10/10)

“Selama ini di lapangan, tenaga kerja sering jadi tulang punggung keluarga. Dengan mengikuti BPJS Ketenagakerjaan, jika terjadi risiko, minimal keluarga bisa terbantu untuk berupaya bangkit kembali,” ujar Kacab BPJS Ketenagakerjaan Siantar, Sofian Siregar, Kamis(10/10).

“Sampai saat ini proses transformasinya terus berjalan dan hal paling utama kami lakukan adalah rebranding BPJS Ketenagakerjaan atau BPJS TK, karena jangan sampai ketika disebut BPJS maka anggapan orang langsung BPJS Kesehatan,”Jelas Sofian.

Dalam kesempatan tersebut Sofian juga mengatakan kalau proses rebranding (pembaharuan nama) ini menjadi tantangan tersendiri, untuk itu ia terus melakukan sosialisasi agar BPJS Ketenagakerjaan ini segera bisa dikenal dan tidak mengalami kerancuan dengan BPJS Kesehatan.

BPJS TK, menurut dia, sejatinya masih seperti Jamsostek sebelumnya, namun tanpa program Jaminan Kesehatan (JPK). Layanan yang lainnya masih tetap sama yaitu jaminan kecelakaan kerja (JKK), jaminan kematian (JKM), jaminan hari tua (JHT) plus nanti akan ditambah dengan program pensiun yang saat ini untuk PNS dan TNI/Polri masih dilaksanakan PT Taspen dan Asabri.

Sofian menambahkan, 1 Juli 2015 nanti, seluruh PNS, TNI/Polri wajib jadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. “Tanggal itu, tidak ada tawar menawar lagi. Untuk saat ini, memang baru proses pentahapan,” katanya.

Beberapa PNS yang ikut dalam sosialisasi ketika dimintai tanggapan belum paham dengan BPJS Ketenagakerjaan ini. Yang mereka tahu hanya BPJS Kesehatan, yang dulu mereka ikuti. “Kalau dulu kan Askes, memang kami pasti ikut.  Tapi yang ketenagakerjaan itu, mungkin cocok untuk pegawai swasta,” ujar beberapa staf di Pemkab Dairi

Sementara Asisten II Administrasi Pembangunan, Suasta Ginting mengatakan, BPJS Ketenagakerjaan memang harus terus disosialisasikan agar calon peserta paham sebelum ambil keputusan. “Sosialisasi harus terus dilakukan hingga ke staf. Tidak hanya sampai ke kepala SKPD maupun para Camat ,” bebernya

Sesuai undang-undang yang berlaku saat ini, seluruh PNS nantinya harus jadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. “Termasuk di lingkungan Pemkab Dairi , sesuai undang-undang yang berlaku,” ungkapnya.

Dijelaskan, banyak manfaat yang bisa diperoleh dari kepesertaan BPJS, khususnya Ketenagakerjaan. “Manfaatnya yaitu jaminan kecelakaan kerja, jaminan hari tua, dan jaminan kematian.

Keikutsertaan PNS dan non PNS dalam program BPJS Ketenagakerjaan diharapkan akan membawa dampak positif terhadap peningkatan kinerja dan displin PNS di lingkungan Pemkab Dairi sehingga pelayanan terhadap masyarakat akan lebih prima.(vd/ss/dr)

Lihat Juga

Walikota Sibolga Lantik 9 Pejabat Eselon II Dan Kepala PDAM Tirta Nauli

SIBOLGA | suarasumut.com  –  Walikota Sibolga, Drs.HM.Syarfi Hutauruk,MM, lantik sembilan pejabat Eselon II dilingkungan Pemko ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *