Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Headline ›› Blanko Kosong, Surat Keterangan Sebagai Pengganti KTP – el

Blanko Kosong, Surat Keterangan Sebagai Pengganti KTP – el

Tapteng | suarasumut.com  –  Bagi yang belum memiliki KTP-el baik dalam pengurusan di masing-masing Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil se- Indonesia akan memperoleh bentuk Surat Keterangan (Suket) terdata dalam database kependudukan catatan sipil.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas dan Catatan Sipil kabupaten Tapanuli Tengah (Kadisdukcapil Tapteng) Sunaryo Sipahutar diruang kerjanya terhadap media, Kamis (2/2/2017) di Pandan.

Sunaryo menjelaskan, Suket tersebut dibentuk berdasarkan lampiran surat edaran dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia di tanggal 3 November 2016.

“Sebagai pengganti KTP-el Suket inilah yang akan di gunakan sementara, Suket ini berlaku enam bulan selama awal Suketnya di cetak,” kata Sunaryo.

Kadisdukcapil mengungkapkan tidak tercetaknya KTP-el tersebut dikarenakan Blanko di seluruh Indonesia kosong dan masih menunggu waktu informasi dari Pemerintah Pusat.

“Bukan di daerah kita ini saja mengalami hal seperti, seluruh Indonesia sedang dalam pengurusan Suket sebagai pengganti KTP-el. Hasil Suket tersebut kita rekam dan simpan untuk pengambilan KTP-el menunggu blanko dari pusat tiba,” jelasnya.

Sesuai lampiran tertulis no 471.13/11691/DUKCAPIL dari Kemendagri yang ditujukan ke masing-masing Disdukcapil RI sebelumnya tanggal 26 oktober 2016 melakukan rapat kordinasi antara KPU dengan Ditjen Dukcapil Kemendagri dan juga dihadiri Bawaslu dan Dewan Kehormatan.

Dalam Pilkada 2017 ini sesuai pasal 200 A ayat (3) Undang-Undang No : 506/KPU?IX/2016 tertanggal 10 September 2016 tentang daftar pemilih pemilihan 2017 menyampaikan bahwa Pemerintah kabupaten/kota untuk menerbitkan Surat Keterangan telah terdata dalam database kependudukan.

Bagi calon pemilih pemula yang yang setelah tanggal 6 desember 2016 sampai dengan hari Pemilukada baru berusia 17 tahun, sehingga penduduk yang dimaksud bisa masuk dalam DPT.

“Surat keterangan yang dimaksud menerangkan bahwa penduduk yang bersangkutan benar-benar telah terdata dalam database kependudukan kabupaten/kota yang menyelenggarakan Pemilihan Kepala Daerah,”jelas Kadis.

Surat keterangan sebagaimana yang dimaksud bagi pemilih pemula setelah Disdukcapil daerah menerima permohonan KPU kabuapten/kota yang dilengkapi dengan daftar penduduk yang akan diterbitkan berdasarkan Suket yang dimaksud. (ph/ss-tt)

Kata kunci terkait:
blangko ktp untuk labuhan batu Selatan, Blangko madina, capil asahan, ktp el kosongan, ktp mandailing natal 2017, Www dukcapil serdang bedagai com

Lihat Juga

Pengurus FKUB Kabupaten Nias Periode 2018 – 2023 Dibentuk

Nias | suarasumut.com  –  Pemerintah Kabupaten Nias membentuk pengurus Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) periode ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *