Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Foto & Video ›› BERNUANSA ‘ MONEY POLITIK ‘ CALEG DILAPORKAN KE PANWAS & POLISI

BERNUANSA ‘ MONEY POLITIK ‘ CALEG DILAPORKAN KE PANWAS & POLISI

Rantauprapat, suarasumut.com – Disinyalir atas adanya ‘Money Politik’ yang dilakukan Pagonal Harahap caleg partai PDIP, Daptar Pemilih 2 ( Dapil ) Rantau Selatan,Bilah Barat Labuhanbatu pada saat pencoblosan ulang di TPS 8,18,19 di Kompleks Perumahan DL Sitorus ( 13/04 ), Sekira pukul 5.30 Wib.

Dalam laporannya, Hasannuddin menjelaskan sekira pukul 4.30 Wib ia ditelpon Ilham Siregar dan Sio yang sengaja dikerahkan Hasan untuk melihat ‘Money Politik’ di TPS yang ingin diulang. Saat itu mereka melihat orang diwilayah TPS 18 dan 19 dan juga mobil BK 1125 JG,setelah diikuti 3 orang tadi malah melarikan diri, meski sudah sempat mem foto mobilnya.

” Ketika didatangi menjumpai Pagonal saat itu mengatakan itulah orangnya yang lari dari Mobil. Dan saat itu A.Yazid M.Meta diperiksa terdapat Uang dalam plastik lembaran ratus ribu dan diperkirakan Rp 15.000.000 dan Meta yang ingin diperiksa polisi tidak bersedia karena tidak adanya Polisi Wanita ( Polwan ),” Terang Hasan Dalam Laporannya Ke Panwas Rabu ( 16/04 ), sekira Pukul 16.15 Wib.
Sepeda Motor Kawasaki KLX, lanjutnya, memang tidak dibawa, namun dua pelaku itu tetap digiring kepolres Labuuhanbatu.

” Dari saksi yang menyatakan, kalau sejumlah caleg partai PDPI, setelah belum terlaksana pencoblosan itu para caleg hilir mudik datang ke Kompleks perumahan Dl,”Kata Satpam DL yang ditirukan Hasan.

Sementara MHD Edry Yusuf HRP,S.Ag selaku Organisasi Panwaslu Kabupaten Labuhanbatu menerima baik atas laporan warga tersebut.

Diberitakan sebelumnya, dilakukan pencoblosan ulang pada sebanyak 3 TPS di Kecamatan Rantau Selatan Kabupaten Labuhanbatu yang digelar Minggu ( 13/04 ), pasalnya surat suara di 3 tps tersebut tertukar dan didapati surat suara yang berasal dari Kabupaten Labuhanbatu Utara saat pileg secara serentak 9 April lalu.

Sayangnya, atas dilakukannya pencoblosan ulang diduga banyak melakukan money politic saat pemilu ulang di Kecamatan Rantau Selatan, Minggu (13/4), sebanyak 2 orang, yakni MT ( caleg PDI-P ) dan salah seorang pekerja advertising ditangkap masyarakat. “Ya, dia sudah dibawa ke polres untuk dimintai keterangan, masyarakat yang bawa kesana” sebut Marwan warga setempat.
Amatan Wartawan, kedua oknum tersebut dibawa ke Gakumdu Mapolres dan dilimpahkan ke Panwaslu untuk ditindaklanjuti.

Ketua Panwaslu Labuhanbatu Rohim Harahap kepada suarasumut.com, membenarkan adanya insiden memalukan itu, akan tetapi dirinya mengatakan belum mendapati adanya praktik money politic.

” Masih kita klarifikasi, dari hasil penelusuran belum ada indikasi, sebab, belum ada saksi yang meyakinkan bahwa keduanya menabur uang untuk memenangkan salah satu caleg” sebutnya.

Katanya lagi, dari saku terlapor didapati uang sebanyak 14,8 juta, akan tetapi, tidak ada saksi konkrit yang menyatakan terlapor membagi- bagi uang tersebut.

” Memang ada didapati uang disakunya, tapi, tidak ada saksi yang mengaku adanya indikasi tersebut, kita tidak bisa menduga- duga, mana mungkin kita larang orang membawa uang banyak dalam saku, intinya masih kita klarifikasi” katanya.

Ketua Panwaslu ini berjanji akan memberikan hasil klarifikasi secepatnya. “Besok sudah dapat hasilnya, dan terlapor sudah diperbolehkan pulang” ungkapnya.(ao/ss/rp)

Lihat Juga

Toko Mas Mutiara Disantroni Maling Di Siang Hari

  Tanjungleidong | suarasumut.com  –  Warga Kelurahan Tanjungleidong Kecamatan Kualuhleidong Kabupaten Labuhanbatu Utara dihebohkan adanya ...