Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Foto & Video ›› Berikan Duduk Di KRL, Pramuka Diapresiasi Penumpang

Berikan Duduk Di KRL, Pramuka Diapresiasi Penumpang

Jakarta | suarasumut.com – Ada yang beda di KRL jurusan Stasiun Pondok Cina ke Stasiun Juanda. Terlihat ratusan Pramuka Penggalang ramai-ramai naik kereta itu. Mereka mengobrol dengan penumpang, hingga ada yang memberikan tempat duduknya kepada penumpang yang lain.

“Ada beberapa yang ngobrol, dan beberapa (peserta) memberi tempat duduknya kepada penumpang lain. Saya salut, mereka ikhlas menolong orang lain,” ujar salah satu Pendamping Pasukan, Iman Firdaus.

Ia meneruskan, karena aksi itu penumpang mengapresiasi dan berterima kasih kepada mereka yang memberikan tempat duduknya. “Terima kasih Nak, semoga diberikan kelancaran acara Pramukanya,” begitu ia menirukan perkataan penumpang tersebut.

Usut punya usut, ternyata mereka adalah para peserta Lomba Tingkat Regu Pramuka Penggalang Lima (LT-V) Gerakan Pramuka 2017. Siang sampai sore ini mereka tengah mengikuti kegiatan Jelajah Budaya.

Jelajah Budaya kali ini dimulai dari Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur, Jakarta Timur, kemudian naik angkot sampai ke Stasiun Pondok Cina. Setelah itu, mereka naik KRL Commuter Line menuju Stasiun Juanda, lalu jalan kaki menuju Masjid Istiqlal, Gereja Katredal, Kantor Kwarnas Gerakan Pramuka, Monumen Nasional, Halaman Istana Merdeka, dan akhirnya kembali ke Cibubur.

“Senang sekali bisa ikuti Jelajah Budaya. Ini pertama kali, bisa melihat kantor-kantor penting di negeri ini dari kereta listik,” ungkap Dwiyanto, salah satu kontingen dari Kwarda Sulawesi Utara.

Sementara itu, Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Adhyaksa Dault memaparkan, LT-V Gerakan Pramuka mempertemukan generasi muda terbaik Indonesia dalam satu bumi perkemahan. Ibarat pertandingan sepakbola, LT-V adalah ‘Piala Dunianya’ Pramuka.

“Dalam perkemahan, adik-adik Pramuka mempraktikan langsung nilai-nilai luhur dari bangsa kita, seperti: musyawarah, gotong-royong, belajar mendengar, belajar menyampaikan pendapat, menjadikan perbedaan sebagai kekuatan, dan lain-lain,” terangnya.

LT-V Gerakan Pramuka 2017 akan dibuka pada Senin (23/10) pukul 08.00 WIB-selesai di Lapangan Kempi 2, Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur Jakarta Timur. Lomba tingkat nasional ini diikuti perwakilan Kwarda Gerakan Pramuka se-Indonesia, sampai pada Jumat, 28 Oktober 2017.(pr/ss-jk)

Lihat Juga

Fakultas Teknik UMSU Lakukan Rekrutmen Staff

Medan | suarasumut.com  –  Fakultas Teknik UMSU menjalin kerjasama dengan Incasi Raya Group dan Gunas ...