Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Foto & Video ›› Bedah Buku Sonduk Hela, Bupati : Pembangunan Tidak Hanya Fisik Namun Mental & Spiritual

Bedah Buku Sonduk Hela, Bupati : Pembangunan Tidak Hanya Fisik Namun Mental & Spiritual

Sergai | suarasumut.com  –  Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman didaulat menyampaikan ceramah budaya pada acara Bedah Buku sekaligus peluncuran secara resmi buku Torsa-Torsa Halak Batak Sonduk Hela yang diselenggarakan Sabtu kemarin (10/9), di Aula Fakultas Ilmu Sqsial Universitas Negeri Medan (Unimed).

Turut hadir pada acara tersebut dari Penulis buku Sonduk Hela Tansiswo Siagian, Penerbit sekaligus editor buku Sonduk Hela Saut Poltak Tambunan, mewakili Kadis Pendidikan Sergai, para narasumber yakni Prof. Dr. Robert Sibarani, Prof. Dr. Ibrahim Gultom, Prof. Dr. Albiner Siagian dan S. Mida Silaban, MN dengan moderator Corry Paroma Panjaitan, SH, mahasiswa dan insan pers, serta para undangan lainnya.

Bupati Sergai Ir. H. Soekirman menyampaikan melalui Kabag Humas Dra. Indah Dwi Kumala bahwa kehadiran Beliau pada acara ini dalam rangka mendukung pelestarian seni dan budaya khususnya budaya Batak, karena pembangunan tidak hanya tentang bangunan fisik namun membangun mental dan spiritual masyarakat. Pembangunan fisik harus disertai dengan pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berbudaya.

“Melalui kegiatan pelestarian budaya seperti diluncurkannya buku-buku budaya seperti Sonduk Hela ini Bupati Soekirman berharap dapat memicu kecintaan masyarakat khususnya generasi muda terhadap budaya khususnya kepada bahasa daerah,”jelas Kabag Humas.

Disampaikan Indah, bahwa Bupati Sergai mengajak generasi muda untuk melestarikan bahasa ibu atau bahasa daerah masing-masing karena jika tidak maka kepunahan bahasa daerah mungkin tidak akan terelakkan dimasa yang akan datang. “Menurut expose dari lembaga budaya PBB yakni UNESCO, dari 700 bahasa daerah yang ada di Indonesia, 140 di antaranya terancam punah,”kata Indah Dwi Kumala.

Usai acara bedah buku Bupati Sergai Ir. H. Soekirman menerima cenderamata dari Penulis Buku Sonduk Hela Tansiswo Siagian. Dengan peluncuran secara resmi buku Torsa-Torsa Halak Batak Sonduk Hela ini diharapkan karya-karya budaya lainnya dapat terus dihasilkan para akademis dan penulis lain.(az/ss-sb)

Kata kunci terkait:
khotbah kristen pdt j ibrahim

Lihat Juga

Pembentukan Karakter Dan Pengenalan Budaya, Unimed Latih Anak Usia Dini

Medan | suarasumut.com  –  Pendidikan karakter dan pengenalan budaya merupakan hal yang mutlak yang diberikan ...