Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Bisnis & Ekonomi ›› Bea Cukai Kembali Gagalkan 55 Ton Bawang Merah Illegal Impor

Bea Cukai Kembali Gagalkan 55 Ton Bawang Merah Illegal Impor

Belawan | suarasumut.com  –  Bea Cukai kembali berhasil menggagalkan upaya penyeludupan sekitar 55 (lima puluh lima ) ton bawang merah illegal yang di bawa oleh KM Bidara GT 60 berbendera Indonesia.

Patroli laut Bea Cukai kapal BC 8006 mendeteksi keberadaan KM Bidara GT 60 yang diduga membawa barang impor illegal di perairan Kuala Air Masin, Aceh Tamiang pada Rabu pagi (29/06) dan segera memerintahkan berhenti.

Komandan patroli BC 8006 Sofyan AB mengatakan pada saat dilakukan penangkapan, KM Bidara yang di nahkodai MN dengan anak buah kapal A, IA, F DAN IS mencoba melarikan diri tanpa mengindahkan peringatan petugas. Namun akhirnya setelah dilakukan pengejaran oleh kapal BC 8006, akhirnya KM Bidara berhasil dilumpuhkan dan di bawa ke dermaga kantor wilayah Bea Cukai Sumatera Utara di Belawan untuk dilakukan pemeriksaan, yang di angkut dari PELABUHAN SEBERANG PERAI, PENANG, MALAYSIA.

Barang yang tidak dilengkapi dengan dokumen yang dipersyarakatkan, yaitu dokumen Manifest (daftar barang niaga /barang impor yang diangkut oleh kapal ).

Barang bukti berupa 1 (satu) unit kapal KM Bidara dan 55 (lima puluh lima) ton bawang merah illegal, disita penyidik Kanwil DJBC Aceh. Saat ini kasusnya dalam proses penyilidikan oleh PPNS (Penyidik Pegawai Negeri Sipil ) kantor wilayah DJBC aceh.

Tersangka diduga melakukan tindak pidana penyeludupan impor dengan melanggar pasal 102 huruf a undang undang nomor 10 tahun 1995 sebagaimana telah diubah dengan undang undang nomor 17 tahun 2006 tentang kepabeanan.(ps/ss-mdn)

Lihat Juga

Tidak Semua Program Dan Kegiatan Yang Telah Ditetapkan Dapat Dilakukan Oleh Pemerintah Sendiri

Rantauprapat | suarasumut.com  –  Pemerintah menyadari bahwa tidak semua program dan kegiatan yang telah ditetapkan ...