Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Headline ›› Bagian Pemerintahan Umum Laksanakan Pembekalan Tugas Aparat Kecamatan Se Kab. Tapteng

Bagian Pemerintahan Umum Laksanakan Pembekalan Tugas Aparat Kecamatan Se Kab. Tapteng

TAPTENG | suarasumut.com – Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng) Bakhtiar Ahmad Sibarani diwakili oleh dan Kesejahteraan Masyarakat (Kesmas) Drs. membuka secara resmi kegiatan Pembekalan Tugas Aparat Kecamatan se Kab. Tapteng Tahun 2018 bertempat di Gedung Audio Visual SMAN 1 Matauli Pandan.

Dalam sambutan Bupati Tapteng yang dibacakan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesmas disampaikan bahwa pembekalan ini sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan para Camat dan jajarannya sehingga lebih baik dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya (tupoksinya) dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, dan pemberian pelayanan kepada masyarakat. Untuk itu, Camat dan aparatnya dituntut untuk memahami tupoksinya.

“Dengan semakin tingginya pemahaman terhadap tupoksi maka diharapkan tercipta pelayanan yang lebih baik terhadap masyarakat, penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan semakin berkualitas,” kata Bupati Tapteng dibacakan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesmas.

“Kita harus menyadari bahwa paradigma pemerintahan saat ini telah mengalami perubahan yang sangat cepat dimana kita dituntut untuk melayani masyarakat lebih baik lagi dan maksimal,” ungkap Bupati Tapteng.

Bupati Tapteng mengingatkan para peserta pembekalan itu bahwa kita saat ini diawasi oleh berbagai pihak, tidak hanya pengawasan oleh aparat fungsional saja tapi juga berbagai pihak. Untuk itu, pemahaman atas tupoksi dan kinerja aparat yang baik dan bertanggung jawab diperlukan untuk mengatasi berbagai persoalan di wilayah kecamatannya masing-masing.

“Saya yakin, saudara adalah orang-orang terpilih yang memiliki kemampuan dan kemauan untuk menjadi pemimpin di tengah-tengah masyarakat untuk dapat menyelesaikan berbagai permasalahan terkait tupoksinya,” kata Bupati Tapteng dalam sambutannya.

Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani juga mengatakan berbagai program pembangunan telah mulai dilaksanakan khususnya infrastruktur. Ini semua bertujuan agar tercipta kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Tapanuli Tengah (Kab. Tapteng). Partisipasi masyarakat juga diharapkan dalam mendukung dan memberhasilkan program pembangunan karena masyarakat jugalah yang merasakan manfaatnya secara langsung.

Diakhir sambutannya, Bupati Tapteng mengingatkan para Camat dan aparatnya yang mengikuti pembekalan ini dengan sebaik-baiknya untuk dapat mendukung kinerjanya di tengah tengah masyarakat di wilayah kecamatannya.

Sebelumnya, Kabag Pemerintahan Umum Ardi Ansyah Harahap SSTP menyampaikan Laporan pelaksanaan kegiatan pembekalan tugas aparat kecamatan tahun 2018. Maksud pelaksanaan kegiatan ini untuk meningkatkan sumberdaya mengenai tupoksi Camat dan aparat kecamatan sehingga dapat menyelenggarakan pemerintahan dengan baik dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Adapun tujuannya untuk mewujudkan pemerintahan yang baik dan taat kepada peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Kegiatan pembekalan ini menghadirkan 2 narasumber, yaitu Plt. Kepala Bappeda Kab. Tapteng Drs. Antonius Simanjuntak dengan judul materi paparan Optimalisasi Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam dan Pelayanan di Tingkat Kecamatan Berbasis E-Government. Adapun narasumber Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kab. Tapteng Sunardi SSos menyampaikan judul materi paparan Peran Camat dan Tim Pembinaan Kecamatan dalam Pelaksanaan Dana Desa.

Kegiatan pembekalan tugas aparat kecamatan ini diikuti oleh 100 orang peserta terdiri dari Camat, Sekretaris Camat, Kepala Seksi, dan Staf 20 kecamatan se Kab. Tapteng. (Ril IP/ss-tt)

Lihat Juga

KSOP Gunungsitoli Gelar Diklat Gratis Untuk Nelayan Gunungsitoli, suarasumut.com-- Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) kelas V Gunungsitoli gelar pendidikan dan pelatihan pemberdayaan masyarakat kapal layar motor (KLM) secara gratis untuk nelayan di Kepulauan Nias. Jika berminat, nelayan di Kepulauan Nias bisa mendaftar di kantor KSOP Gunungsitoli, Jalan Yos Sudarso, Kelurahan Saombo, Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara mulai tanggal 17 Oktober sampai 1 November 2018. Hal tersebut disampaikan kepala KSOP Kelas V Gunungsitoli Merdi Loi ketika di temui di kantor KSOP kelas V Gunungsitoli, Jum,at 19 Oktober 2018. Merdi memberitahu, diklat gratis kepada nelayan kerjasama dengan Politeknik Pelayaran Sumatera Barat, dan digelar selama lima hari atau tanggal 12 sampai 16 November 2018 di komplek pelabuhan Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara. Nelayan yang berminat bisa mendaftar di kantor KSOP dengan membawa surat keterangan tidak mampu dari Kepala Desa dan surat keterangan sehat dan tidak buta warna dari rumah sakit pemerintah. Membawa foto copy izajah minimal SD, dan bagi yang tidak punya izajah bisa diberi dispenisasi harus benar-benar nelayan, foto copy KTP/SIM, umur minimal 16 tahun dibuktikan surat akte kelahiran atau surat keterangan lahir dari Kepala Desa, foto ukuran 3x4 latar belakang berwarna dan mengisi formulir pendaftaran. Untuk snack dan makan siang para peserta selama pelaksanan diklat kita yang menanggung, dan usai mengikuti diklat, para peserta akan mendapat sertifikat basic safety training (BST) nelayan, sertifikat keterangan kecakapan (SKK) nelayan dan alat keselamatan (life jacket). Tidak lupa Merdi menambahkan jika pada tanggal 2 November 2018 akan dilakukan pemeriksaan buta warna oleh tim Dokter Politeknik Pelayaran Sumatera Barat dan selama pendaftaran dan pelaksanaan diklat sampai diterbitkan sertifikat, peserta diklat tidak dipungut biaya apapun atau gratis. "diklat khusus kita gelar bagi masyarakat yang benar benar nelayan dan tidak diterima peserta diklat yang profesinya bukan nelayan.AL

Meriahkan HUT Pemko Padangsidimpuan 158 Anak SD Dan TK Ikuti Lomba Mewarnai

Padangsidimpuan | suarasumut.com  –  Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Pemko Padangsidimpuan yang ke-17 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.