Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Foto & Video ›› Arus Mudik Padati Jalan Lintas

Arus Mudik Padati Jalan Lintas

Kotapinang | suarasumut.com  –  Perang klakson pemudik di jalanan lintas Sumatera Kabupaten Labuhanbatu Selatan mulai rame. Kendaraan yang lalu lalang pun menjadi pemandangan kebanggaan warga, tiap perempatan lampu merah, pusat kota terlihat berderet kendaraan berbagai merek.

Memang, pemandangan seperti ini hanya dapat dinikmati satu tahun sekali. Labusel mendadak menjadi kota sibuk kendaraan. terdengar bising atau deru kendaraan yang memadati jalananan setiap musim mudik tiba. Bahkan, ada yang mengistilahkan, “Labusel seperti ibu kota padat kendaraan.”

Bagi sebagian orang, mudik layaknya sebuah ‘ritual’. Dapat pulang kampung dan berkumpul bersama keluarga di hari raya, bak obat pelepas penat rutinitas diberbagai Kota. Beragam roda transportasi digunakan para pemudik untuk menjangkau tempat tujuan mereka, motor, becak motor, mobil pribadi dan bus.

Berbagai daya dan upaya disiapkan untuk melayani para pemudik. Mulai dari pengamanan oleh kepolisian sampai dengan kesiapan moda transportasi oleh Kementerian Perhubungan. Ditambah perbantuan beberapa elemen masyarakat yang menjadi sukarela pelayan para pemudik. Bahkan para pejabat Kemeterian Perhubungan meninstruksikan anggotanya tidak memperbolehkan cuti sepanjang musim mudik kali ini. Seperti dikutip suarasumut.com dari beberapa isi pemberitaan media nasional.

“Jadi tidak ada lagi posko dibelakang meja, tapi dilapangan. Karena itu seluruh pejabat Eselon I sampai IV, wajib di lapangan, tidak diijinkan mengambil cuti,” ujar Staf Khusus Kemenhub Bidang Keterbukaan Informasi Publik, Hadi Djurait, Hadi di Kantor Kemenkominfo, Jakarta, Jumat 1 Juli 2016.

Sementara Polri menyiapkan 158 ribu personelnya guna melayani para pemudik. Operasi tahun ini sendiri diberi nama lain dari operasi sebelumnya, Operasi Ramadniya 2016. Ribuan personel tersebut dibagi ke dalam beberapa fungsi, diantaranya lalu lintas dan pengamanan.

Bagi pemudik yang menggunakan motor, polisi nantinya akan memaksa mereka untuk berhenti. “Kita memaksa berhenti sebentar untuk senam dan streching biar fresh (segar) lagi. Tidak ada penindakan,” kata Kakorlantas Polri, Irjen Agung Budi Maryoto, di check point Ciasem, Subang, Jawa Barat.

Menurut dia, motor tidk didesain untuk menempuh jarak jauh. Sementara pemotor paling banter kuat berkendara hingga 50 kilometer.

Asriana Nasution Ketua Srikandi Pemuda Pancasila Kabupaten Labuhanbatu Selatan mengatakan, keramaian arus mudik menjadi pemandangan tahunan setiap jelang lebaran. Kata Asriana kalau sore hingga malam hari warga disekitar tempat tinggalnya rame keluar rumah memandangi para pemudik. “Kami senang melihatnya ramenya kendaraan arus pemudik, hal ini hanya bisa dilihat setahun sekali setiap jelang lebaran,”katanya”.(zr/ss-ls)

Lihat Juga

Politeknik Port Dickson Negeri Sembilan Malaysia Adakan Kompetisi Internasional ResPex

Malaysia | suarasumut.com  –  Politeknik Port Dickson Negeri Sembilan Malaysia adakan Kompetisi International Regional Student’s ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.