Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Foto & Video ›› Apel Kesadaran Nasional, Soekirman Ajak PNS Fokus Dalam Jalankan Tugas

Apel Kesadaran Nasional, Soekirman Ajak PNS Fokus Dalam Jalankan Tugas

Sergai | suarasumut.com  –  Dalam pelaksanaan Apel Kesadaran Nasional (HKN) yang bertepatan dengan hari ke-12 Ramadhan bagi kita umat muslim melaksanakan ibadah puasa Ramadhan 1437 H, hendaknya kita sebagai aparatur pemerintah tetap fokus dan tingkatkan kinerja dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi sebagai pelayan masyarakat.

Hal ini disampaikan Bupati Ir. H. Soekirman dihadapan ratusan PNS dilingkungan Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) pada upacara HKN yang turut dihadiri Wabup Darma Wijaya, para Asisten dan Staf Ahli Bupati serta para Kepala SKPD bertempat di halaman kantor Bupati Sergai di Sei Rampah, Jumat (17/6).

Bupati Sergai juga menjelaskan bahwa para pemimpin dalam menjalankan tugas harus berdasarkan peraturan perundang-undangan dasar yang jelas dan tegas untuk mewujudkan good governance dan clean government. “Untuk itu ada empat Undang-Undang (UU) yang harus kita pedomani agar kita terhindar dari persoalan-persoalan hukum yakni UU No. 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, UU No. 6 Tahun 2014 tentang Desa, UU No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah dan UU No. 25 Tahun 2004 tentang Perencanaan Sistem Pembangunan Nasional.

Keempat UU ini menjadi penting karena dimasa transisi ini misalnya UU tentang Aparatur Sipil Negara, dimana kepala daerah yang baru dipilih dan baru dilantik sebelum 6 (enam) bulan tidak di bolehkan atau dilarang melakukan mutasi maupun rotasi pejabat esselonnya,”jelas Bupati.

Dalam hal itu pejabat daerah harus berkonsultasi kepada Menteri Pemberdayaan Aparatur Sipil Negara Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) untuk mendapatkan petunjuk tentang tatakelola birokrasi. Untuk hal-hal yng memang nenjadi pertimbangan UU, sebagai contoh jabatan Esselon II yang telah dijabat selama 5 (lima) tahun sudah bisa dilakukan rotasi.

“Namun untuk melakukan rotasi tersebut harus dilakukan uji kompetensi untuk menseleksi orang-orang yang berkompeten dibidangnya oleh panitia seleksi. Panitia seleksi yang dipilih juga sudah dibahas keberadaannya, kurikulum vitaenya dipetisi nasional kenapa mereka yang menjadi penyeleksinya. Kabupaten Sergai saat ini juga telah dijadikan daerah koordinasi dan supervisi oleh KPK dan Propinsi dimana dalam semua hal KPK selalu memantau pekerjaan kita,”tambahnya.

Mengenai UU No. 25 tahun 2004 tentang Perencanaan Sistem Pembangunan Nasional, Bupati Soekirman mengajak agar seluruh aparatur pemerintah Sergai tetap fokus melaksanakan pekerjaan yang direncanakan dengan ikhlas sesuai peraturan yang ada.Dan usai uparaca Bupati Sergai Ir. H. Soekirman didampingi Wakil Bupati Sergai Darma Wijaya menyerahkan tali asih secara simbolis kepada perwakilan PNS yang telah memasuki masa pensiunnya.(az/ss/sb)

Kata kunci terkait:
contoh sk tim apel kesadaran nasional

Lihat Juga

Tidak Semua Program Dan Kegiatan Yang Telah Ditetapkan Dapat Dilakukan Oleh Pemerintah Sendiri

Rantauprapat | suarasumut.com  –  Pemerintah menyadari bahwa tidak semua program dan kegiatan yang telah ditetapkan ...