Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Foto & Video ›› Apel Kebangsaan Nusantara Bersatu, Perbedaan Menjadi Wadah Untuk Pererat Persatuan & Kesatuan Bangsa

Apel Kebangsaan Nusantara Bersatu, Perbedaan Menjadi Wadah Untuk Pererat Persatuan & Kesatuan Bangsa

Sergai | suarasumut.com  –  Sekitar sepuluh ribuan massa dari berbagai elemen se-Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) mengikuti Apel Kebangsaan Nusantara Bersatu yang dipusatkan di lapangan bola kaki Desa Firdaus Kecamatan Sei Rampah, Rabu pagi (30/11). Dan bertindak sebagai Komandan Apel Bupati Sergai Ir. H. Soekirman dengan Komandan Drs. Fajar Simbolon, M.Si.

Apel yang diwarnai dengan orasi kebangsaan serta pembacaan puisi turut dihadiri Kapolres AKBP Eko Suprihanto, SH, SIK, MH, Ketua DPRD H. Syahlan Siregar, ST, Pabung 0204/DS Mayor Inf. Sukaraito, Kajari Sergai Erwin Panjaitan, SH, Sekdakab Drs. Hadi Winarno, MM, para Asisten dan Staf Ahli Bupati, POLRI, TNI SKPD, Camat, PNS, FKUB, pelajar, anggota Paskibra, tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, IPK, Satpam dan masyarakat dari berbagai etnis.

Dalam orasi kebangsaan Bupati Ir. H. Soekirman mengemukakan Kabupaten Sergai kaya karena keberagaman budaya, suku dan agama. Kaya karena besarnya Sumber Daya Alam (SDA) dan Sumber Daya manusia (SDM) yang dimiliki.

“Selain sebagai bangsa yang kaya, kita merupakan bangsa yang kuat. Kuat karena setiap perbedaan yang ada di masyarakat menjadi wadah untuk mempererat persatuan dan kesatuan bangsa. Kuat karena kita memiliki karakter semangat kekeluargaan dan gotong royong serta senantiasa berpegang teguh pada Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika,”kata Bupati Sergai.

Sementara Ketua FKUB Drs. H. M. Irfan El Fuadi Lubis mengatakan masyarakat Sergai senantiasa menjaga kerukunan antar suku, agama, ras dan golongan untuk merajut persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Masyarakat Sergai mendukung setiap pihak yang berusaha untuk tetap menjaga Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika serta menjaga kekondusifan Kamtibnas. Serta menolak upaya berbagai pihak yang ingin memecah belah persatuan dan kesatuan serta keharmonisan didalam masyarakat.

Selanjutnya orasi Kebangsaan dari tokoh pemuda yang disampaikan oleh Ketua KNPI Sergai Muhammad Ziad Ananta, S.Sos, M.Si mengutarakan semangat pemuda adalah semangat persatuan, semangat Indonesia adalah semangat gotong royong. “Kita bangsa yang majemuk, berbeda suku dan agama. Kita berbeda organisasi dan partai politik, namun kita disatukan dengan rasa nasionalisme dan kita jadikan Nasionalisme sebagai payung yang menyatukan kita. Hindari perpecahan bangsa dan bersatu terutama dalam menghadapi MEA,”ujar Ketua KNPI.

“KNPI Sergai memandang Bupati dan Wabup dinilai sudah mampu menjaga kondusifitas Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat. Adanya konflik di Medan, Deli Serdang, Tanjung Balai tidak sampai mempengaruhi dan merambat ke Sergai,”ujar Ziad Ananta.(az/ss-sb)

Kata kunci terkait:
apel kebangsaan pmii

Lihat Juga

Bupati : Pelantikan Dilaksanakan Untuk Memenuhi PP Nomor 18 Tahun 2016

Rantauprapat | suarasumut.com  –  Upacara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Administrasi dan Fungsional dilaksanakan untuk ...