Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Umum ›› Penegak Hukum Labuhanbatu Diminta Tindak Tegas Pembalakan Liar Dikawasan Hutan Lindung

Penegak Hukum Labuhanbatu Diminta Tindak Tegas Pembalakan Liar Dikawasan Hutan Lindung

Labuhanbatu, suarasumut.com – Maraknya pembalakan liar yang terjadi di areal hutan lindung di Kecamatan Panai Tengah akhir-akhir ini harusnya menjadi perhatian serius dari pihak penegak hukum, sebab kondisi hutan yang terletak di kawasan PT.HPP dan CSM kian memprihatinkan.

Pasalnya, merajalelanya pembalakan yang dilakukan oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab ini tentunya akan merusak habitat serta ekosistem yang ada di hutan tersebut, apabila dibiarkan tentunya juga akan merusak kelestarian flora dan fauna yang sepatutnya dilindungi.

Akibatnya, dengan pembiaran pembalakan yang terjadi membuat kondisi hutan saat ini diambang kehancuran, diperkirakan lebih dari separuh dari luas areal hutan saat ini telah punah, dan tidak menutup kemungkinan bakal punah seluruhnya, karena sampai saat ini pembalakan liar terus dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

Menurut pengertiannya Pembalakan liar (Illegal Logging) adalah kegiatan penebangan, pengangkutan dan penjualan kayu yang tidak sah atau tidak memiliki izin dari otoritas setempat. Dari pengertian tersebut, dapat disimpulkan bahwa Illegal logging merupakan sebuah tindak melanggar hukum.

Kita berharap aparat penegak hukum segera melakukan tindakan tegas guna menyelamatkan kelestaraian hutan lindung yang tinggal sedikit lagi itu, dan juga kelangsungan ekosistem yang diambang kepunahan . (ta/ss/lb)

Lihat Juga

Bupati Taput Resmikan Listrik Tenaga Turbin Di Desa Lobusihim Kecamatan Simangumban

Taput | suarasumut.com  –  Usai sambut Kunjungan Presiden RI Joko Widodo, pada malam harinya Bupati ...