Pengumuman & Ucapan:
Beranda ›› Headline ›› Apa Yang Boleh Dan Dilarang Mencoblos Di TPS, Oleh KPU Palas

Apa Yang Boleh Dan Dilarang Mencoblos Di TPS, Oleh KPU Palas

Palas | suarasumut.com  –  Saat mencoblos di Tempat Pemungutan Suara (TPS) ada sejumlah hal yang perlu diperhatikan pemilih. Hal tersebut bertujuan agar penyelenggaraan pencoblosan berjalan dengan sukses.

Penting untuk diperhatikan dan disiapkan oleh pemilih yakni Surat Pemberitahuan Waktu dan Tempat Pemungutan Suara atau Formulir C6 formulir A5.

Selain formulir, pemilih juga perlu mempersiapkan identitas diri yakni KTP/ KTP Elektronik (e-KTP), surat keterangan dari Dinas Dukcapil.

Bagi pemilih yang tidak mendapat formulir C6 tapi terdaftar dalam DPT atau nomor induk kependudukan (NIK) berbeda di C6, Hak pilih tidak hilang. Akan tetapi di TPS, tetap wajib membawa E-KTP atau Suket dari Disdukcapil.

“Kalau tidak diberikan undangan memilih (C6) bukan berarti kehilangan hak pilih kan. Pemilih harus membawa identitas yang dapat menunjukkan dirinya terdaftar di DPT,” jelas Komisioner KPU Padang Lawas, Divisi Teknis dan Penyelenggara, Rahmat H Daulay saat berbincang dengan suarasumut.com, Rabu (6/6/2018).

Apabila tidak ada dalam DPT, pemilih tetap bisa memilih di TPS dengan membawa E-KTP atau Suket dari Disdukcapil.

Setelah itu, pastikan tidak ada tinta di jari pemilih yang menunjukkan telah memilih. Ketika diberi surat suara oleh petugas KPPS, periksa terlebih dahulu apakah ada bagian yang rusak atau sudah tercoblos.

Saat berada di dalam bilik suara, jangan membawa ponsel berkamera atau kamera. Selain itu, jangan menyobek atau mengambil bagian dari surat suara.

Cobloslah surat suara dengan benar dan menggunakan alat yang sudah disediakan.

“Jangan menggunakan rokok atau alat lainnya yang menyebabkan surat suara tidak sah. Lipat kembali surat suara dan taruh di kotak suara dan celup jari anda pada tinta yang telah disediakan panitia,” pungkas Rahmat H Daulay.

Untuk diketahui, Pemilihan Umum Serentak Bupati dan Wakil Bupati Padang Lawas bersama Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara, yanh akan dilaksanakan pada tanggal 27 Juni 2018 tinggal beberapa hari lagi. (sl/ss-pl)

Lihat Juga

MUI Dan Polisi Berperan Sebagai Pemersatu Bangsa

Padangsidimpuan | suarasumut.com – Peran serta ulama dan instansi kepolisian menjadi modal utama untuk menyatukan ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.